Cara Menyusun dan Menulis Teks Iklan, Slogan, dan Poster

Posted on

Iklan adalah suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakarsa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut. Nah berikut ini cara menyusun dan menulis teks iklan, slogan dan poster.

1. Menyusun Teks Iklan

Teks iklan harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Tujuannya untuk mengarahkan perhatian sasaran iklan tertarik dengan produk barang, jasa atau acara yang ditawarkan; membuat sasaran iklan berhasrat memiliki produk yang ditawarkan; dan melakukan tindakan yang diharapkan. Teks iklan disusun tidak hanya berupa teks. Dengan semakin banyaknya media informasi, iklan kini sangat beragam, yaitu berupa gambar, audio, video, audio video, atau flash banner. Tujuan pemasangan iklan di media agar produk atau jasa tersebut dikenal, diminati, lalu dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara atau ketentuan dalam menulis iklan agar menarik minat sasaran iklan.

Berikut langkah-langkah tepat menyusun teks iklan

a. Mendeskripsikan Objek Teks Iklan
Tentukan objek (barang, jasa, atau kegiatan) yang akan diiklankan, misalnya sepeda, rumah, komputer, lowongan pekerjaan, atau layanan masyarakat. Sebelum membuat teks iklan, deskripsikan terlebih dahulu objek yang akan diiklankan agar informasi yang disampaikan lengkap. Kamu juga harus mempelajari produk yang ingin diiklankandan mengetahui produk pesaingnya. Kemudian, kumpulkan ide-ide menarik dan kreatif. Kamu juga dapat menambahkan gambar-gambar hasil kreasi sendiri. Kamu dapat mengkreasikan hasil karyamu menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw, atau Corel Painter. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi menggambar online, seperti Sketchpad, PencilApp, AWW (A Ehiteboard Web), Sumopaint, Queeky Paint, Pencil Madness, Sketch and Paint, Draw Island, atau Slimber.

PELAJARI:  Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi

b. Menentukan Media dan Bentuk Pemasangan Teks Iklan
Agar penyampaian iklan dapat mencapai sasarannya, pengemasan dan penyajian iklan harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti sasaran, media, tempatdan daya pemikat yang diusung oleh sebuah iklan. Pemasangan iklan itu sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk (langsung atau tidak langsung) dan dengan berbagai media (elektronik dan cetak). Pilihan bentuk dan media beriklan akan memengaruhi cara saji iklan serta biaya yang dikeluarkan. Semakin canggih mendia yang digunakan, semakin mahal biaya yang dibutuhkan, dan semakin tinggi pula kreativitas yang dituntut untuk membuat sebuah iklan.

c. Mencatat Isi Pesan yang Ingin Disampaikan
Perjelas tujuan yang hendak kamu capai dalam membuat teks iklan. Perjelas pesanmu untuk mendapatkan hasil akhir yang dikehendaki apabila kamu ingin orang-orang menghubungimu, melakukan pembelian, atau bertanya tentang produk. Tulislah isi pesan tersebut menggunakan pilihan kata, menarik, dan sopan sesuai gaya bahasa iklan yang cenderung persuasif. Pilihan kata tepat, menarik, dan sopan dimaksudkan agar kata-kata tersebut mampu menarik perhatian sasaran iklan. Isi iklan harus jujur, menarik, jelas, dan tidak bertentangan dengan produk lain. Bahasa iklan pun harus singkat, padat, mudah dipahami , dan berkonotasi positif.

PELAJARI:  Mengembangkan Makna (Isi dan Nilai) Hikayat

d. Menentukan Judul Teks Iklan
Judul membangkitkan keingin tahuan sasaran iklan. Judul teks iklan dapat berupa nama produk, jasa, atau kegiatan. Buatlah judul semenarik mungkin untuk menggugah minat sasaran iklan.

e. Menyusun Kerangka Teks Iklan
Apabila objek iklan telah kamu tentukan, susunlah kerangka teks iklan. Kerangka ini berguna agar kamu dapat menyusun isi teks iklan secara tepat dan efisien. Kerangka karangan teks iklan disusun berdasarkan struktur pembangun teks iklan. Struktur teks iklan terdiri atas tiga bagian, yaitu judul atau nama produk, penjelasan, serta nama dan alamat pengiklan. Pada saat membuat iklan, kamu perlu memerhatikan tata letak, ukuran, tulisan, jenis huruf (font), gramatikal kata, visual, dan media.

f. Membaca dan Meneliti Kembali Teks Iklan
Apabila teks iklan yang kamu susun telah selesai, teliti dan cermati kekurangan teks iklan tersebut. Perbaiki teks iklan tersebut sebelum kamu ajukan ke media pemasangan iklan.

2. Menyusun Teks Slogan

Ada beberapa langkah dalam menyusun teks slogan sebagai berikut.

a. Menentukan fungsi teks slogan
Teks slogan berfungsi untuk mendidik masyarakat, memacu semangat, cita-cita, iklan komersial, atau propoganda politik.

PELAJARI:  Pengertian Teks Prosedur Kompleks Tujuan Struktur dan Kaidah Kebahasaan

b. Mengetahui secara pasti menjadi tujuan utama teks slogan
Teks slogan ditujukan untuk remaja, anak-anak. Atau orang dewasa. Syarat-syarat penulisan teks slogan sebagai berikut.

  • Jelas

Hubungan antara ungkapan yang dipilih dan objek yang dislogankan harus jelas. Teks slogan lampu merek Philips misalnya antara sifat lampu yang menerangi dan teks slogan ‘Terus terang, terang terus” mempunyai hubungan dan kejelasan makna yang kuat.

  • Singkat

Kata-kata yang dipilih hendaknya singkat, tetapi mampu mengungkapkan pesan yang ingin di sampaikan.

  • Persuasif

Kata-kata yang digunakan dalam teks slogan hendaknya bersifat persuasif (mengajak/membujuk).

Contoh Slogan Pendidikan

  • Berikut ini contoh slogan pendidikan.
  • Pendidikan Akan membawa kebahagiaan.
  • Pendidikan adalah pintu Awal menuju kesuksesan.
  • Belajarlah! Karena Pintar Itu Penting.
  • Bersekolah untuk memulai masa depan yang cerah.

3. Menyusun Teks Poster

Langkah-langkah menyusun teks poster dengan baik sebagai berikut.

  • Menentukan jenis teks poster yang akan dibuat.
  • Memilih kata tepat dan unik untuk disusun menjadi kalimat menarik.
  • Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat poster. Kalimat poster harus singkat, efektif, dan menarik sehingga mudah diingat.
  • Melengkapi kalimat tersebut dengan gambar menarik.