Perbedaan Poster dan Slogan

Posted on

Apakah anda sering melihat poster dan juga slogan dimana-mana. Entah itu di peron kereta api, di depan sebuah toko maupun ditempel di sebuah tembok.

Apakah poster dan juga slogan itu sama? Tidak, slogan dan juga poster itu adalah dua hal yang berbeda tapi hampir memiliki kemiripan satu sama lain sehingga susah untuk dibedakan.

Jadi apa sebenarnya poster dan juga slogan tersebut. Anda penasaran? Mari kita bahas bersama-sama mengenai pengertian beserta contoh dari poster dan juga slogan.

Pengertian poster sendiri ialah merupakan suatu plakat dan juga tempelan yang biasanya berisi suatu pengumuman yang ingin disebarkan kepada khalayak ramai.

Bahasa yang biasanya digunakan dalam sebuah poster yakni bahasa yang singkat, padat dan juga jelas sekali sehingga langsung mengena di dalam pikiran pembaca bahkan untuk seseorang yang tanpa sengaja hanya melihat poster itu sambil lalu saja.

PELAJARI:  Menelaah dan Merevisi Teks Eksemplum

Poster juga biasanya menggunakan bahasa yang komunikatif dan juga persuasive. Bahasa yang komunikatif sendiri yakni bahasa yang dimengerti oleh semua orang yang membacanya. Dan bahasa yang persuasive adalah bahasa yang lebih mengarah ke ajakan untuk mengerjakan, melakukan sesuatu maupun untuk datang ke suatu tempat.

Nah, selain itu poster juga menarik perhatian orang yang melihat serta membaca poster tersebut.

Ciri khas yang lain dari poster adalah biasanya dilengkapi dengan gambar maupun dengan ilustrasi yang menarik yang menarik minat seseorang untuk melihat dan juga membacanya secara lanjut.

Contoh kalimat yang terdapat dalam sebuah poster biasanya seperti buanglah sampah pada tempatnya yang di dalam gambar maupun ilustrasinya digambarkan seorang anak sekolah yang membuang bungkus sampah makanan ringan pada tempat sampah yang berada di sekolah.

PELAJARI:  Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur

Sedangkan slogan adalah sebuah kalimat yang biasanya pendek dan simpel, tidak bertele-tele dan berputar-putar bahasa yang dipakai.

Slogan juga biasanya menarik minat seseorang untuk membacanya lebih lanjut seperti halnya poster tadi.

Dan slogan biasanya mencolok dan juga mudah diingat oleh orang yang dengan sengaja melihatnya maupun hanya sekedar lewat.

Slogan ini biasanya memiliki tujuan yang baik untuk orang yang melihat dan juga membacanya yakni untuk menumbuhkan semangat serta dapat menumbuhkan motivasi maupun keinginan untuk selalu bergerak maju.

Ciri yang lainnya yakni biasanya memiliki rima yang teratur layaknya pantun maupun puisi. Contohnya yakni pada kalimat baca buku, tambah ilmu.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai poster dan juga slogan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.

PELAJARI:  Mengembangkan Pendapat Dalam Eksposisi