Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi berasal dari kata “explain” yang memiliki arti jelaskan, dalam artian teks eksplanasi berisi teks yang didalamnya terdapat penjelasan atau proses-proses bagaimana dan mengapa dari sebuah topik yang berkaitan dengan suatu kejadian atau lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pengertian teks eksplanasi adalah karangan yang menjelaskan proses dari suatu gejala alam maupun sosiokultural. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi sejelas – jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi.

 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Sama seperti teks pada umumnya, teks eksplanasi memiliki ciri ciri khusus yang dapat membantu kita mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam teks eksplanasi ataupun tidak. Hal ini telah saya rangkum dalam ciri ciri teks eksplanasi. Teks dapat dikatakan sebagai teks eksplanasi jika memiliki kriteria dibawah ini:

  • Informasi yang terkandung didalam teks bersifat fakta dan bukan merupakan rekayasa.
  • Informasi yang disampaikan adalah informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan merupakan karangan atau fiksi.
  • Memiliki sifat yang informatif dan membujuk pembacanya.
  • Diawali dengan pernyataan umum, urutan sebab dan akibat, dan terdapat interpretasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Setelah kita mengerti apa itu pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri atau struktur teks eksplanasi maka sekarang saatnya kita mempelajari contoh teks eksplanasi berdasarkan informasi di atas dan berikut contoh teks eksplanasi singkat tersebut.

Proses terjadinya banjir

Banjir adalah fenomana alam yang kerap terjadi di Indonesia pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Karena sifatnya yang merugikan maka banjir disebut sebagai bencanan alam. Banjir dapat terjadi karena meluapnya air sungai, drainase, selokan yang disebabkan tidak bisa menampung banyaknya air hujan.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya merupakan masalah dan tantangan yang harus dihadapi karena 30% penyebab terjadinya banjir adalah pola hidup membuang sampah ke sungai yang dilakukan oleh sebagian orang, Disamping itu mulai menjamurnya masyarakat yang mendirikan rumah atau bangunan di bantaran sungai ikut menambah proses terjadinya banjir.

Secara umum terdapat dua faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir yakn faktor alam dan faktor sosial. Yang pertama adalah faktor alam seperti terjadinya hujan lebat terus menerus dan tanpa henti yang mengakibatkan meluapnya aliran sungai hingga memenuhi wilayah daratan.

Faktor kedua yakni faktor sosial. Jika berbicara tentang faktor sosial maka kita juga membicarakan pola hidup manusia. Manusia sering merusak alam dan tidak pernah perduli terhadap lingkungan menyebabkan terjadinya banjir dengan membuang sampah sembarangan disungai dan mendirikan bangunan-bangunan yang tidak semestinya di sekitar bantaran sungai.

Tumpukan sampah, pendangkalan sungai dan kurangnya daerah resapan air hujan ikut memperburuk keadaan saat musim penghujan tiba. dengan menumpuknya sampah akan mengakibatkan aliran air tidak lancar yang nantinya air akan meluap ke pemukiman warga.

Berdasarkan pemaparan dari informasi diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwasa bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam berinstrospeksi keenapa banjir dapat terjadi disekitar kita.

Itulah artikel tentang Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi yang dapat saya sampaikan kali ini. Perlu kita ingat bahwa untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam eksplanasi atau tidak kita harus mengingat ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi di atas.