Meringkas Teks Eksplanasi

Posted on

Setelah mempelajari meteri ini, kamu diharapkan mampu: Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang kamu dengan atau kamu baca.

1. Menentukan Gagasan Umum Teks Eksplanasi

Gagasan utama yang sering juga disebut gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran adalah suatu topik yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah teks.

Di setiap paragraf tentu mempunyai sebuah gagasan utama yang terletak baik secara tersurat ataupun tersirat. Secara tersurat, gagasan utama dapat dilihat pada kalimat utama yang biasanya terletak pada bagian awal, akhir atau awal dan akhir paragraf. Sedangkan secara tersirat, gagasan utama terletak tersirat di dalam seluruh kalimat pada paragraf.

Berikut ini adalah tips untuk menentukan gagasan utama dalam sebuah teks.

a. Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawablah pertanyaan berikut apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.

PELAJARI:  Menangkap Makna Teks Eksemplum

b. Temukan kalimat utamanya

Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang telah kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Oleh karena itu, untuk menemukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat utama yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah teks.

Bacalah teks tersebut dengan cermat, dengan demikian kita dapat menentukan manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf tersebut. Agar bisa menemukan kalimat utama dengan mudah, berikut ini adalah ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf :

Ciri kalimat utama :

  • Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
  • Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  • Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
  • Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.

Contoh Gagasan Utama di Awal dan Akhir Paragraf

“Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia.Di hari ini hari dimana anton akan diwisuda. Kakak sulungku itu tampak rapih duduk di barisan pertama. Berjejer rapi bersama para mahasiswa lain dengan pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi yang menurutku sangat aneh.Dari tadi ku perhatikan kedua bibir ayah dan ibuku tidak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali mengumbar senyum.Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.

PELAJARI:  Etika Dalam Berwawancara Pelajaran Sekolah

Gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal dan akhir paragraf. Yaitu pada kalimat utama “Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia” dan “Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.”

2. Cara Meringkas Teks Eksplanasi

Meringkas adalah menyajikan suatu karangan dalam bentuk lebih singkat. Saat meringkas, kita harus dapat menentukan ide-ide pokok suatu karangan panjang. Ide-ide pokok tersebut disusun dalam sebuah tulisan singkat. Meringkas bertujuan agar pembaca mudah memahami isi suatu karangan panjang. Lalu bagaimana cara meringkas teks eksplanasi?

Nah untuk lebih jelasnya terlebih dahulu kamu mengetahui langkah-langkah meringkas teks eksplanasi seperti berikut ini;

  • Peringkas harus membaca karangan yang akan diringkas secara menyeluruh. Agar peringkas
    benar-benar memahami isi karangan, peringkas dapat membacanya sebanyak dua sampai tiga kali.
  • Peringkas mencari ide-ide pokok dalam karangan. Peringkas dapat menemukan ide pokok di setiap paragraf karangan tersebut.
  • Peringkas menyusun ide-ide pokok tersebut menjadi kalimat-kalimat pendek.
  • Jika memungkinkan, ringkasan tersebut lebih dipadatkan atau diringkas lagi.
  • Peringkas dapat memadukan dan menceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri.
PELAJARI:  Menyusun Teks Tantangan "Dilarang Membawa HP ke Sekolah"

Contoh Soal

” Banyaknya kasus demam berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya lingkungan yang kurang terawat. Contohnya seperti bak mandi yang tidak pernah dibersihkan secara rutin. Nyamuk penyebab demam berdarah akan dengan leluasa bertelur di bak mandi tersebut dan menyebabkan calon-calon nyamuk juga berkembang dengan cepat dan jumlahnya bertambah banyak.

  • Pokok pikiran dari potongan teks eksplanasi di atas adalah ….
  • Nyamuk demam berdarah penyebab penyakit demam berdarah.
  • Bak yang kotor menjadi sarang nyamuk demam berdarah.
  • Nyamuk demam berdarah senang dengan tempat yang kotor.
  • Penyebab munculnya kasus demam berdarah salah satunya karena lingkungan yag kurang terawat.