Menyimpulkan Isi Teks Persuasif

Posted on

Sesuai dengan tujuan paragraf persuasi sendiri yakni untuk mengajak atau mempengaruhi pembaca atau pendengar, maka jelas sudah bagaimana penulis harus mampu membawa pembaca untuk melakukan sesuatu hal setelah membaca atau mendengar apa yang telah ditulis/diucapkan.

1. Simpulan Isi Teks Persuasi

Simpulan adalah merumuskan akhir tentang sesuatu (misalnya, teks). Simpulan disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu. Karena isi teks persuasi berkenaan dengan ajakan, kesimpulan untuk tersebut tidak jauh dari jawaban atas pertanyaan “Mengajak apa teks persuasi itu?”

2. Langkah-langkah Menyimpulkan Teks Persuasif

  1. Membaca keseluruhan isi teks
  2. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks itu
  3. Memahami hubungna logis antarbagian penting teks itu
  4. Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas
PELAJARI:  Menelaah dan Merevisi Teks Rekaman Percobaan "Membuat Termometer Sederhana"

Contoh 1

Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengkonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

Simpulan

Teks tersebut berisi bujukan kepada para pembaca untuk membiasakan pola makan sehat dan seimbang. Kita bisa membuat simpulan tentang cuplikan teks tersebut yakni bahwa agar kita tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.

Contoh 2

Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di shanghai, Cina, Petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum cando rokok melekat pada diri Anda.

PELAJARI:  Rangkuman Materi Laporan Bahasa Indonesia

Simpulan

Simpulan untuk cuplikan teks tersebut adalah kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan.