Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu pada Setrika Listrik

Posted on

Setrika listrik merupakan alat listrik yang banyak digunakan di rumah tangga. Setrika listrik digunakan untuk merapikan pakaian, kain dan lain sebagainya. Selain untuk merapikan, setrika listrik juga bisa mematikan bakteri, semut serta hewan-hewan kecil yang menempel pada pakaian, yang bisa membuat gatal atau penyakit kulit.

Setrika listrik memiliki berbagai komponen di dalamnya, namun pada artikel ini saya hanya akan membahas atau menjelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik. Untuk memperbaiki setrika listrik, terlebih dahulu kita harus mengetahui prinsip kerja tiap komponen yang terdapat di dalamnya.

Untuk memulai penjelasan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik. Terlebih dahulu saya akan memberikan gambar-gambar yang bisa anda jadikan acuan untuk mempelajari prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik.

PELAJARI:  Pengertian Hukum Newton I, II, III dan Beserta Contohnya

Pada saat setrika belum mencapai suhu maximum sesuai yang disetting pada setrika tersebut, logam bimetal sensor tersebut tidak melengkung. Pada setrika listrik terdapat bagian-bagian yang tampak di atas, bagian-bagian tersebut antara lain kontak pegas, bimetal sensor. Bagaimana keadaan posisi saat suhu mencapai maksimum?

Bimetal sensor ketika suhu mencapai maksimum

Suhu panas datang dari bawah setrika. Ketika suhu mencapai maksimum, lengkungan logam bimetal menjadi maksimum. Lengkungan bimetal ini membuat kontak pegas terangkat keatas. Akibatnya kontak yang tadinya tertutup menjadi terbuka. Posisi terbuka tersebut akan mematikan aliran listrik ke elemen pemanas setrika, sehingga membuat elemen setrika tidak mendapat arus listrik.

Dalam keadaan yang terbuka tersebut suhu setrika akan turun dan logam bimetal tersebut akan mulai kembali dalam keadaan semula sehingga membuat posisi saklar menjadi tertutup. Sehinga setrika kembali mendapat suplai arus listrik pada elemen pemanasnya. Dalam kondisi terhubung ke arus listrik tersebut, kondisi setrika mulai memanas kembali. Begitu seterusnya, sampai kontak listrik setrika kita cabut dari sambungan listrik.

PELAJARI:  Penerapan Konsep Impuls pada Lapisan Lunak