Hukum-hukum Dasar Kimia

Posted on

Jika anda sedang mempelajari pelajaran kimia maka anda harus mengetahui hukum-hukum dasar dari kimia. Hukum dasar kimia yakni hukum-hukum dasar yang dikemukakan oleh para ahli kimia di dunia yang sampai sekarang masih digunakan. Nah, anda penasaran mengenai hukum-hukum dasar kimia ini. Nah, mari kita bahas bersama-sama.

Salah satu hukum dasar kimia yang masih digunakan sampai sekarang adalah hukum kekekalan massa maupun hukum dasar kimia lavoisier. Lavoisier menyimpulkan hukum kekekalan massa yang intinya adalah jika suatu reaksi kimia dilakukan di dalam ruangan yang tertutup sehingga tidak ada lagi zat-zat yang hilang maupun lenyap maka massa-massa zat sebelum reaksi dan juga sesudah reaksi tidak ada pengurangan maupun tidak berkurang ataupun tidak juga mengalami suatu penambahan maupun tetap seperti semula.

PELAJARI:  Penjelasan Singkat Mengapa Air Kurang Baik untuk Termometer

Dan ada juga hukum perbandingan tetap maupun biasa disebut dengan hukum proust. Hukum proust ini mengatakan bahwa dalam suatu senyawa, perbandingan massa unsur-unsur yang menyusunnya selalu tetap.

Sedangkan hukum perbandingan berganda maupun hukum dalton mengatakan bahwa bila unsur-unsur dapat membentuk dua macam senyawa maupun lebih, dimana massa salah satu unsur tersebut tetap maupun sama, maka perbandingan massa unsur yang lain dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan juga sederhana.

Ada juga hukum perbandingan volume maupun hukum gay lussac yang mengatakan bahwa pada temperatur dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas-gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi merupakan perbandingan bilangan bulat dan juga sederhana.

PELAJARI:  Kelemahan dan Kelebihan Teori Atom Dalton

Menurut hipotesis avogadro adalah gas-gas yang volumenya sama jika diukur pada temperatur dan tekanan yang sama, mengandung jumlah molekul yang sama juga. Avogadro juga menjelaskan percobaan gay lussac dengan menganggap partikel-partikel gas tidak sebagai atom-atom, tetapi sebagai molekul-molekul. Perbandingan volume-volume gas yang bereaksi dan gas-gas hasil reaksi jika diukur pada temperatur dan tekanan yang sama akan sesuai dengan perbandingan jumlah molekulnya akan sama dengan perbandingan koefisien reaksinya.

Nah, bagaimana sudah mengerti bukan? Ternyata belajar kimia itu menyenangkan ya. Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai hukum-hukum dasar kimia. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.