Mengenal Search Engine

Posted on

Sekarang kita hidup di jaman digital dimana segala sesuatunya tak bisa lepas dengan yang namanya internet. Mulai dari yang kita anggap remeh sampai dengan hal-hal yang kita anggap penting semuanya tidak bisa terlepas dari yang namanya internet.

Internet adalah tempat dimana seseorang dapat menemukan pasangannya, menemukan segala hal yang tidak diketahui sebelumnya dan juga dapat membeli apapun yang ingin kita beli karena di jaman sekarang ini mulai populer yang namanya belanja secara online yakni kita tinggal memesan barang yang kita inginkan melalui internet kemudian barang yang kita inginkan akan dikirim dalam waktu yang singkat setelah kita mentransfer uang harga dari barang yang kita pesan tadi. Kadang juga dibubuhkan ongkos kirim jika jarak yang ditempuh untuk mengantar barang kita tergolong jauh.

PELAJARI:  Program pada Jaringan untuk Melindungi Network Internal

Sebelum kita melakukan banyak hal melalui internet tentu saja kita harus mencari yang namanya mesin pencari di dalam internet. Mesin pencari tersebut dalam bahasa inggris disebut dengan search engine. Nah, salah satu contoh search engine yang populer adalah google.

Google adalah salah satu search engine yang banyak digunakan di seluruh dunia dan juga di asia serta di indonesia.

Search engine maupun mesin pencari informasi sendiri merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang telah tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali juga diurutkan menurut tingkat akurasi maupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang biasa disebut dengan hits.

Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti misalnya adalah halaman web maupun website, gambar maupun jenis berkas yang lainnya lagi. Dengan mengetikkan kata kunci maupun keyword pada search engine kemudian kita klik ataupun enter pada keyboard ataupun dengan mengklik tombol yang terdapat di search engine tersebut, maka beberapa url maupun hyperlink yang berhubungan dengan yang dicari tadi dan kita tinggal pilih aja yang kita inginkan.

PELAJARI:  Menghubungkan Jaringan LAN ke Internet

Mengenai mesin pencari informasi yang ada di dunia terdiri dari berbagai macam jenis tapi yang dikenal oleh masyarakat antara lain mesin pencari yahoo!, alltheweb, MSN, Askjeeves, Google, Altavista dan juga terdapat yang namanya lycos.

Dalam pencarian di website sendiri pengguna pun harus selalu mempersiapkan kata apa yang kira-kira terdapat dalam halaman yang ingin anda temukan.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai search engine. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.