Seni Teater Tradisional Indonesia

Posted on

Di indonesia terdapat banyak seni teater yang terkenal dan juga membudaya. Beberapa diantaranya adalah ketoprak, lenong, longser, ludruk, mamanda, arja, kemidi rudat, kondobuleng, dulmuluk, randai, makyong dan juga banyak teater tradisional yang lainnya. Nah, mari kita bahas bersama beberapa seni teater tradisional tersebut.

Ketoprak, siapa yang tidak tahu dengan seni teater tradisional yang satu ini. Seni teater tradisional ketoprak berasal dari jawa tengah. Pada jaman dahulu teater ini dimainkan oleh para penduduk pedesaan yang sedang menghibur diri secara bersama-sama dengan cara menabuh lesung ketika bulan purnama tiba, yang disebut juga dengan gejogan. Dan pada perkembangannya seni teater tradisional ketoprak ini berubah menjadi ketoprak lesung dan pada perkembangannya ditambahkan musik yang lainnya seperti misalnya musik gendang, terbang, suling, nyanyian dan juga lakon maupun cerita yang biasanya menggambarkan suatu kehidupan rakyat yang hidup di pedesaan. Ketoprak pertama kali dipentaskan di tahun 1909.

PELAJARI:  Gerak Tari Mappadendang

Sedangkan seni teater tradisional lenong merupakan salah satu seni teater tradisional yang berasal dari jawa barat tepatnya berasal dari betawi. Lenong sendiri terbagi menjadi dua yakni lenong denes dan juga lenong preman. Tontonan lenong denes merupakan tontonan lenong yang biasanya bercerita tentang kisah raja-raja dan pangeran serta kisah putri-putri yang diceritakan maupun dipentaskan dalam sebuah panggung seni. Tapi lenong denes ini sudah jarang bahkan tidak dipentaskan lagi karena penerusnya sudah tidak ada lagi. Sedangkan lenong preman merupakan lenong yang lakonnya maupun kisahnya berkisah tentang kehidupan rakyat jelata seperti yang kita kenal sekarang.

Sedangkan seni teater tradisional longser merupakan seni teater yang terkenal di wilayah jawa barat. Menurut arti katanya longser sebenarnya berasal dari kata melong yang memiliki arti melihat dan juga sederet yang memiliki arti tergugah. Yang memiliki arti bahwa siapapun yang melihat pertunjukkan ini hatinya akan tergugah. Sama halnya dengan tontonan tradisional yang lainnya hiburan ini juga menghibur. Biasanya ceritanya sederhana dan juga jenaka. Tontonan longser ini bisa dilakukan di mana saja karena tanpa dekorasi yang rumit dan juga ribet. Dan penontonnya yang menontonnya biasanya dengan duduk melingkar.

PELAJARI:  Keunikan Bentuk Rumah Adat Sumba

Nah, demikianlah sedikit informasi serta contoh dari seni teater tradisional yang ada di indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.