Cadangan Makanan pada Tumbuhan

Posted on

Tumbuhan melakukan fotosintesis untuk mendapatkan makanan. Proses fotosintesis tersebut menghasilkan amilum dan oksigen. Apabila tumbuhan kelebihan zat makanan hasil fotosintesis maka akan disimpan sebagai makanan cadangan untuk tujuan tertentu. Makanan cadangan beberapa tumbuhan disimpan dalam bagian-bagian misalnya seperti pada daun, batang, buah, dan umbi.

  1. Daun

Sebagian daun ada yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber makanan. Daun-daunan digunakan untuk sayuran. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada daun, antara lain bayam, kangkung, selada, dan daun sawi.

2. Batang

Beberapa jenis tumbuhan menyimpan makanan cadangannya pada bagian batang. Beberapa jenis tumbuhan ini adalah tebu, enau (sagu) dan bambu.

3. Buah

Beberapa jenis tumbuhan menyimpan makanan cadangan pada bagian buahnya. Contoh tumbuhan ini adalah alpukat, durian, nanas, dan semangka.

PELAJARI:  Pengelompokkan Protozoa

4. Umbi

  • Umbi batang merupakan bagian batang yang menggembung di dalam tanah sebagai makanan cadangan. Misalnya pada ketela rambat dan kentang.
  • Umbi akar merupakan akar yang menggembung dan menjadi makanan cadangan Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di umbi akar yaitu singkong, wortel, lobak, dahlia, dan talas.
  • Umbi lapis yaitu batang yang menggembung dan berlapis-lapis untuk menyimpan makanan cadangan. Contoh umbi lapis adalah: bawang merah dan bawang bombai
  • Rimpang (rhizoma) adalah bagian batang beserta daunnya, bercabang-cabang dan tumbuh mendatar. Misalnya pada jahe, kunyit, bunga tasbih, dan garut

5. Biji

Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam biji yaitu kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai.

PELAJARI:  Pembuatan Makanan pada Tumbuhan Hijau