Meringkas Teks Tanggapan Kritis “Remaja dan Game Online”

Posted on

Pada Tugas 4 ini kamu diminta meringkas teks tanggapan kritis “Remaja dan Game Online”. Untuk itu, kamu diminta untuk melakukan tugas berikut sesuai dengan urutan.

1) Baca dan cermati lagi teks “Remaja dan Game Online”! Kemudian, tulislah kalimat-kalimat yang memiliki gagasan atau ide-ide pokok sesuai dengan bagian struktur teks! Untuk membantumu, kerjakan tugas tersebut dalam format seperti berikut!

2) Agar hasil meringkas teks “Remaja dan Game Online” yang kamu kerjakan bagus, kerjakanlah tugas berikut sesuai dengan urutan!

a) Kembangkan kalimat utama yang sudah kamu buat dengan menyimpulkan ide pokok dalam setiap struktur teks tersebut!

b) Sekarang bersama teman-teman kelompokmu, susunlah kembali teks tersebut dalam bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan kaidah tanpa keluar dari kerangka struktur teks tanggapan kritis.

PELAJARI:  Perbedaan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi

c) Mintalah waktu kepada gurumu untuk mempresentasikan hasil kerja kelompokmu itu di depan kelas! Kemudian, mintalah Bahasa Indonesia 115 tanggapan dan pendapat dari teman-temanmu! Kamu juga dapat memberikan tanggapan pada hasil kerja kelompok lain. Dalam
memberikan tanggapan itu,pendapatmu harus didukung oleh data dan fakta sehingga dapat meyakinkan temanmu.

d)Mintalah masukan atau pendapat kepada guru tentang teks yang telah disusun kelompokmu dan bandingkan dengan hasil kelompok lain!

Struktur Evaluasi

Kalimat-kalimat yang mengandung gagasan/ide pokok

  • Ide pokok : Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online.
  • Pengembangan : Teknologi smarthphone berkembang sangat cepat. Hal ini juga memperbaiki beberapa aplikasi yang dibuat termasuk game online. Warung internet yang notabennya digunakan sebagai browsing, kini beralih sebgai toko game online.
PELAJARI:  Rangkuman Materi Laporan Bahasa Indonesia

Struktur Deskripsi teks

Kalimat-kalimat yang mengandung gagasan/ide pokok

  • Ide pokok : Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar.
  • Pengembangan : Game online umumnya dimainkan di kota besar. Anak – anak yang notabennya memiliki uang jajan yang lebih. Menggunakannya untuk bermain game online di warnet. Dan untuk yang lebih banyak uang jajannya digunakan utuk upgrade smarthphone yang lebih canggih dalam permainan.

Struktur Penegasan ulang

Kalimat-kalimat yang mengandung gagasan/ide pokok

  • Ide pokok : Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif.
  • Pengembangan : Game online ini banyak membawa pengaruh negatif bagi perkembangan anak. Anak yang semulanya bermain dengan temannya, menadi tidak aktif dan lebih banyak bergaul sendiri. Sehingga sosial mereka terbatas.
PELAJARI:  Puisi Lama dan Jenis-jenisnya