Macam-macam Sendi pada Manusia

Posted on

Tulang-tulang yang menyusun tubuh manusia sebenarnya dihubungkan oleh sendi. Sendi adalah penghubung tulang satu dengan tulang lain sehingga menyebabkan tulang dapat digerakkan. Sendi sangat berguna untuk manusia karena dengan adanya sendi maka tubuh manusia dapat mudah digerakkan, dibelokkan, dilipat, ditekuk, serta diputar. Pada tubuh manusia terdapat berbagai jenis sendi. Berikut ini macam-macam sendi beserta fungsinya.

  1. Sendi Engsel

Sendi engsel merupakan sendi yang dapat digerakkan hanya ke satu arah. Sendi engsel tersebut terdapat pada bagian siku dan lutut. Sendi engsel membantu tangan dan kaki manusia bisa ditekuk. Cara kerja sendi engsel dapat dilihat seperti pada cara kerja engsel pintu yang hanya dapat ditekuk ke satu arah.

  1. Sendi Pelana
PELAJARI:  Ayo Cari Tahu tentang Jaringan Darah

Gerakan sendi pelana ini hampir mirip dengan pelana kuda. Hal tersebut yang membuat sendi ini dinamakan sendi pelana. Cara kerja dari sendi pelana yaitu dapat digerakkan ke dua arah yaitu ke depan maupun ke samping. Sendi pelana ini bisa ditemukan di antara tulang pangkal ibu jari tangan dan tulang pertama pada pergelangan tangan.

  1. Sendi Putar

Sendi putar akan mengakibatkan tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lain yang bertindak sebagai poros. Sendi putar manusia terletak di tulang leher pertama dengan tulang leher kedua. Hal tersebut akan menjadikan kepala manusia dapat digerakkan dengan diputar ke kiri dan ke kanan.

  1. Sendi Peluru

Sendi peluru merupakan sendi yang dapat membuat tulang bisa bergerak ke segala arah. Sendi peluru ini terdapat pada pertemuan antara tulang lengan dengan gelang bahu serta antara tulang paha dengan tulang pinggul. Sendi peluri ini akan membuat kaki dan tangan manusia dapat bergerak ke segala arah.

  1. Sendi mati
PELAJARI:  Fungsi Flagela Pada Sel Bakteri

Berbeda dengan sendi yang lain, sendi mati merupakan sendi yang tidak dapat bergerak. Sendi mati tersebut terletak pada di antara lempeng tulang-tulang yang terpisah pada tengkorak.