Kelainan Tulang pada Manusia

Posted on

Kebiasaan duduk yang salah akan mengakibatkan kelainan tulang belakang. Sebaiknya kita harus menghindari masalah yang serius seperti lordosis, skoliosis, ataupun kifosis. Ayo cari tahu tentang kelainan tulang pada manusia dengan lebih lengkap.

  1. Lordosis

Lordosis merupakan kelainan tulang yang disebabkan oleh sikap duduk salah sehingga tulang belakang melekuk ke depan. Kelainan tulang ini bisa terjadi karena kebiasaan duduk dengan meja yang terlalu tinggi. Apabila hal tersebut dibiarkan maka tulang belakang akan condong melekuk ke depan.

Kamu bisa mengamati ibu hamil biasanya tulang belakangnya terlihat melengkuk ke depan. Hal tersebut diakibatkan oleh tulang belakang ibu hamil menopang rahimnya yang makin membesar. Hal tersebutlah yang membuat para ibu hamil sering merasakan sakit pada tulang belakangnya.Namun, hal tersebut tidak termasuk kelainan. Jadi, setelah melahirkan tulang belakang ibu hamil akan kembali lagi ke bentuk semula.

  1. Skoliosis
PELAJARI:  Sistem Peredaran Darah pada Aves (Burung)

Skoliosis merupakan kelainan tulang yang disebabkan oleh sikap duduk yang terlalu membelok ke samping. Kebiasaan tersebut biasanya sering kita lakukan tanpa disadari. Nah, sikap duduk tersebut membuat posisi tulang belakang membelok ke samping. Kelainan tulang ini dapat terlihat membentuk huruf S ke kanan ataupun ke kiri.

  1. Kifosis

Kifosis merupakan kelainan tulang yang  disebabkan oleh sikap duduk yang terlalu membungkuk ke depan. Kelainan tulang ini dapat disebabkan oleh kebiasaan duduk dengan meja yang terlalu rendah. Hal tersebut tentu akan menyebabkan tulang belakang menjadi bungkuk. Kifosis ini biasanya sering terjadi pada orang yang sudah tua misalnya seperti nenek dan kakek. Kamu bisa mengamati bentuk tulang badan kakek dan nenek yang tidak bisa berdiri tegak. Kifosis juga dapat disebabkan oleh kualitas tulang yang sudah menurun.

PELAJARI:  Gejala Fisik dan Psikis Korban Kecanduan Ganja