Menemukan Solusi Melalui Percobaan

Posted on

Di setiap kehidupan manusia tentu pernah menghadapi berbagai kendala dan masalah. Kendala dan masalah bisa muncul saat yang diinginkan tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk menghadapinya tentu memerlukan solusi atau cara untuk menyelesaikannya. Solusi bisa ditemukan melalui percobaan yang dilakukan secara kreatif dan ilmiah.

Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan adalah teks yang menceritakan mengenai percobaan yang dilakukan oleh seseorang, biasanya teks seperti ini di pakai untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Struktur teks itu merupakan bagian-bagian yang menjadi bangunan teks rekaman percobaan. Struktur dalam teks tersebut terdiri atas empat bagian, yaitu:

  • Tujuan serta alat dan bahan
  • Langkah-langkah
  • Hasil
  • Simpulan
PELAJARI:  Langkah Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Sebenarnya struktur teks rekaman percobaan ini hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja perbedaan antara kedua teks tersebut adalah pada teks prosedur tidak terdapat hasil dan simpulan yang ada pada teks rekaman percobaan tersebut.

Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan

Unsur kebahasaan atau ciri kebahasaan dalam teks rekaman percobaan hampir serupa dengan unsur kebahasaan dalam teks prosedur. Jika kamu masih ingat, unsur-unsur kebahasaan dalam teks prosedur, antara lain sinonim, antonim, dan kata bilangan. Begitu pula dengan teks rekaman percobaan, terdapat penggunaan kata bilangan atau numeralia.