Mengklasifikasi Teks Rekaman Percobaan “Jebakan Tikus Sederhana”

Posted on

Guna menambah pemahamanmu dalam menangkap makna teks rekaman percobaan, pada tugas 3 ini kamu diminta mengklasifikasi dan memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks serta menggunakan kata-kata sulit itu ke dalam kalimat atau paragraf. Di samping itu, kamu juga dapat mengklasifikasi bacalah dengan seksama teks rekaman percobaan berikut ini!

Jebakan Tikus Sederhana

Struktur tujuan serta alat dan bahan

Kalimat
Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, harus ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana. Sebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya

Struktur langkah-langkah

Kalimat
Kalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.

Struktur hasil

Kalimat
Setelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.

PELAJARI:  Mengidentifikasi Informasi Berupa Permasalahan Aktual yang Disajikan dalam Ceramah

Struktur simpulan

Kalimat
Jebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.

a. Mengklasifikasi Kata Sulit

Pada bagian ini kamu diminta mengklasifikasi kata atau frasa di dalam teks rekaman percobaan “Jebakan Tikus Sederhana” yang kamu anggap sulit. Kemudian kata atau frasa itu kamu beri definisi. Pemberian definisi bisa menggunakan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selanjutnya, buatlah kalimat dengan menggunakan kata atau frasa yang kamu anggap sulit!

Kata-kata Sulit, Definisi dan Contoh Kalimat

  1. Pengerat = orang atau hewan yang mengerat; Kehadiran Hewan pengerat di rumah tidak hanya menimbulkan risiko kesehatan yang serius tapi juga bisa merusak struktur bangunan.
  2. Jebakan = jebak; perangkap; Anda dapat juga menggunakan ranting yang kokoh dalam membuat jebakan ini, sesuaikan panjang yang diperlukan.
  3. Elektronik = alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; Komponen-komponen Elektronika makin bervariasi dan jenisnya pun bertambah banyak
  4. Selai = bubur dari buah-buahan yang dimasak dengan gula sampai kental.
    Selai kacang ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang telah disangrai.
  5. Racun = zat (gas) yang dapat menyebabkan sakit atau mati (kalau dimakan, dihirup): Racun bereaksi pada tubuh sedemikian rupa sehingga menyebabkan gangguan pada aktivitas normal tubuh, yang kita katakan sebagai keracunan sampai dapat menyebabkan kematian.
  6. Kimia = ilmu tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat;
    Zat kimia yang umum ditemukan sehari-hari antara lain adalah air, garam (natrium klorida), dan gula (sukrosa).
  7. Membasmi = memberantas; memusnahkan:
    Jika tanaman kita terserang hama atau penyakit tanaman, maka hal pertama yang terfikir di dalam benak kita yaitu membasminya menggunakan pestisida.
  8. Diameter = garis lurus melalui titik tengah lingkaran dari satu sisi ke sisi lainnya; garis tengah Diameter rata-rata bulatan Bumi adalah 12.742 km, atau kira-kira setara dengan 40.000 km /π.
  9. Balok = barang yang menyerupai bentuk balok:
    Iglo adalah rumah atau tempat tinggal sementara, berbentuk kubah dan dibangun dari balok-balok salju.
  10. Ramah = baik hati dan menarik budi bahasanya; manis tutur kata dan sikapnya;
    Praktek dan filosofi umum dari hidup ramah lingkungan sangat terkait dengan prinsip-prinsip keseluruhan pembangunan berkelanjutan.
PELAJARI:  Meringkas Dan Menyimpulkan Berita

b. Mengklasifikasi Data dalam Teks

Setelah kamu memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks, pelajaran berikutnya adalah menemukan dan mengklasifikasi informasi data apa saja yang terdapat pada teks. Perlu diketahui bahwa teks terdiri atas sekumpulan data dan informasi yang membangun teks tersebut. Untuk itu, pada bagian ini kamu diminta mengamati data yang ada di dalam teks “Jebakan Tikus Sederhana”. Kamu harus bisa menemukan data apa saja yang ada di dalam teks tersebut, kemudian menentukan pada kalimat mana data tersebut kamu temukan.

Untuk memudahkan pekerjaanmu, perhatikan contoh berikut!

Data, Sumber data dalam Kalimat Struktur Teks

Tujuan serta alat dan bahan

Tikus, hewan pengerat, sangat mengganggu, cara untuk membasminya
– Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat membantu. Oleh karena itu, harus ada cara membasminya.

Cara membuat, jebakan tikus, sederhana
– Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.

Membasmi tikus, menggunakan racun, alat elektronik
– Sebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik.

Membuat jebakan tikus, ramah lingkungan
– Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Jebakan tikus, ramah lingkungan,
– Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah.

Bahan-bahan, membuat jebakan tikus,
– Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya

PELAJARI:  Menyusun Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual

Bahan, langkah pertama, melubangi ember
– Kalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.

Langkah-langkah

Ember, lubang pertama, lebih besar
– Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya.

Jalan dari balok, lubang lebih besar
– Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya!

Kaleng bekas, ditengah-tengah
– Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!

Masukan kawat, lubang ember, kaleng bekas, selai kacang
– Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.

Langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana
– Setelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Hasil

Meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapur
– Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus.

Jebakan, menjerat atau menjebak, ember, tidak membunuh
– Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.

Langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana
– Jebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Simpulan

Meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapur
– Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.