Three Second dan Jump Shoot dalam Permainan Bola Basket

Posted on

Bola basket adalah salah satu permainan olahraga yang terdiri dari 2 tim yang beranggotakan lima pemain. Berdasarkan sejarahnya, bola basket berasal dari wilayah Amerika. Di Indonesia sendiri, bola basket masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Seperti olahraga yang lain, bola basket juga memiliki beberapa istilah teknik permainan seperti : Fade Away, Hook Shoot, Jump Shoot, Lay Up, Crossover dan Slam Dunk. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai pengertian violation atau pelanggaran three seconds dan cara melakukan Jump Shoot dalam olahraga bola basket.

Three second merupakan salah satu violation atau pelanggaran dalam permainan bola basket. Pelanggaran ketika seorang pemain berada dalam area terlarang tembakan bebas ( key area ) selama 3 detik padahal ketika itu timnya sedang menguasai bola di lapangan sekitar ring lawan dan waktu permainan terus berjalan.

PELAJARI:  Tujuan Melakukan Attacking Football

Jump Shoot merupakan teknik penembakan bola basket ke dalam ring dengan lompatan yang tinggi dan cepat untuk mendapatkan point. Salah satu caranya adalah dengan melakukan tembakan yang liat dan sulit untuk di gagalkan oleh lawan. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pengertian jump shoot serta cara melakukannya masing-masing pada sub bab di bawah ini.

Ada 4 jenis Jump Shot dalam permainan bola basket; Drive and Jump Shoot, Standing Jump Shoot, No Charge Jump Shoot dan Quick Stop Jump Shoot.

Drive and Jump Shoot merupakan Jump Shoot dasar yaitu dribble dan shoot.
Standing jump Shoot ini dilakukan dalam posisi bebas, yaitu pemain menerima passing di daerah kosong dan melakukan jump shoot.
No Charge Jump Shoot. Jenis jump shoot penjagaan man to man. Pemain harus mampu melakukan shoot tanpa terkena offensive foul (yaitu melakukan vertical jump dan bukan melompat ke depan yang mengakibatkan offensive).
Quick Stop Jump Shoot. Jenis jump shoot kilat, pemain berlari sambil menerima passing kemudian jump shoot mendahului penjagaan lawan.

PELAJARI:  Bentuk Gerakan Saat Melempar Lembing

Cara Melakukan Jump Shoot Dalam Olahraga Bola Basket

Sebelum melakukan jump shoot, seorang pemain basket harus menguasai tekni BEEF atau yang dipanjangkan menjadi ; Bow, Eye, Elbow dan follow through, yang menjadi dasar BEEF. Berikut selengkapnya langkah-langkah melakukan jumph shoot :

  • Posisikan bola ke depan agak ke atas kepala
  • Fokuskan mata dan tertuju ke arah target sasaran, yaitu ring basket
  • Sikap siap, seimbangkan tubuh artinya tubuh jangan maju atau mundur
  • Pegang bola dengan lembut, jangan tegang
  • Lepaskan bola ketika sampai pada titik tertinggi lompatan
  • Jangan mengarahkan bola tetapi ikuti arah bola