Menyusun Teks Rekaman Percobaan “Membuat Es Krim”

2.8/5 - (5 votes)

Pada tugas 2 ini kamu akan menyusun teks rekaman percobaan yang berbasis pada proyek. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode belajar yang menggunakan pendekatan pengajaran komprehensif dan masalah sebagai langkah awal untuk pengumpulan pengetahuan baru.

 

Menyusun teks rekaman percobaan harus melalui pengamatan/observasi terlebih dahulu. Kamu bisa menanyakan kepada guru atau teman sebangku mengenai tugas proyek ini saat mengalami kesulitan. Pastikan tugas proyek ini sesuai dengan situasi dan kondisi lingkunganmu. Berikut ini adalah kerangka proyek menyusun teks rekaman percobaan tersebut.

Tugas Penyusunan Teks Rekaman Percobaan Berbasis Proyek

Jenis Informasi dan Keterangan

  1. Nama Siswa = –
  2. Kelas = IX-3
  3. Judul/Topik proyek = Penyusunan teks rekaman percobaan membuat es krim
  4. Jenis Tugas = Tugas Mandiri
  5. Sumber bahan = Media massa, majalah, koran, internet, wawancara
  6. Cara pengumpulan bahan = Studi kepustakaan dan studi lapangan
  7. Cara analisis bahan = Pengolahan data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa :
    – penyusunan kalimat topik pada setiap struktur bagian teks,
    – pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang,
    – penyusunan paragraf yang sesuai dengan struktur teks tanggapan kritis,
    – penyuntingan kalimat yang disesuaikan dengan unsur kebahasan teks tanggapan kritis,
    – penggabungan paragraf menjadi teks tanggapan kritis yang padu.
  8. Wujud hasil analisis = Teks rekaman percobaan sesuai dengan urutan struktur dan penggunaan unsur bahasa yang tepat.
  9. Cara pelaporan = Tulis dan publikasi
  10. Jadwal pelaksanaan = Tiga minggu
    a. Minggu I : pengumpulan data
    b. Minggu II : pengolahan data
    c. Minggu III : pelaporan, penyusunan teks, dan publikasi

Setelah kamu menyusun rancangan percobaan berbasis proyek, susunlah teks rekaman percobaan yang urut sesuai dengan strukturnya dan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah IYD. Buatlah hasil kerjamu itu dalam bentuk format seperti berikut!

Percobaan Membuat Es Krim

Struktur tujuan serta alat dan bahan

Kalimat
Es krim adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang diizinkan. Es krim dibuat dengan cara pencampuran, pasteurisasi, homoginasi, pendinginan, penuaan, pembekuan, dan pengerasan. Es krim mempunyai nilai protein tinggi selain vitamin dan mineral. Kandungan kalori yang tinggi dalam es krim, diperoleh dari tingginya kadar kemanisan es krim karena penambahan gula. Ada salah satu jenis makanan yang dapat dikembangkan di kemudian hari yaitu es krim. Berikut adalah percobaan tentang cara membuat es krim yang dapat kamu coba di rumah.

Sebelum melakukan percobaan persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini diantaranya:

  • Wajan
  • Kompor
  • Pengaduk
  • Mixer
  • Alat pendingin
  • Susu
  • Gula pasir/putih
  • Kuning telur
  • Tepung maizena
  • Slagroom of whip (plumprose of whip cream)

Struktur langkah-langkah

Kalimat
Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!

  1. Gula pasir dan susu dimasak sampai susu tersebut mencapai suhu 70°C
  2. Tepung maizena dicampurkan ke dalam sedikit air hangat dan diaduk sehingga tepung menjadi hancur.
  3. Kemudian larutan ini dituangkan ke dalam susu panas dan dipanaskan lagi. Pengadukan terus dilakukan sehingga adonan merata. Pemasakan dilakukan kira-kira selama 2-3 jam kemudian diangkat
  4. 5 butir kuning telur yang tersedia dikocok dengan menggunakan alat pongocok (mixer) ataupun garpu, serta dicampur dengan slaagroom of whip. Setelah adonan telur merata dimasukkan ke dalam adonan susu sambil diaduk-aduk
  5. Campurkan kedua adonan tersebut, tambahkan daging buah durian, aduk-aduk lalu masukan pada wadah tempat es, lalu masukkan ke dalam ruang pendingin (freezer) hingga mengeras

Struktur hasil

Kalimat
Setelah melalui langkah-langkah percobaan diperoleh hasil es krim yang memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Rasa durian yang menyegarkan di dalam Es cream hasil percobaan tersebut. Jika dikembangkan es krim tidak menutup kemungkinan menjadi makanan yang bisa dijual dan menghasilkan uang.

Struktur simpulan

Kalimat
Berdasarkan percobaan yang dilakukan, kini kamu dapat membuat es krim sendiri. Untuk menghasilkan es krim dilakukan pencampuran, pasteurisasi, homoginasi, pendinginan, penuaan, pembekuan, dan pengerasan. Es krim yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa durian yang kuat.