Sumber Daya Alam yang dapat Diperbarui

Posted on

Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat diperoleh kembali ketika setelah kita menggunakannya. Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu seperti berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Selain itu juga sumber daya alam yang dapat diperbarui tersebut selalu tersedia setiap saat di alam misalnya air, tanah, dan udara.

Air

Air adalah kebutuhan primer yang digunakan oleh setiap orang. Air juga dapat disebut sebagai kebutuhan mutlak yang artinya ketika tidak ada air maka manusia akan mati. Air dapat diperoleh dari air sumur, air sungai, air danau dan air laut. Hampir setiap aktifitas manusia memerlukan air dan setiap hari, manusia selalu membutuhkan air misalnya seperti untuk minum, mandi, dan mencuci. Selain itu, air dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, sarana transportasi, dan lain sebagainya.

PELAJARI:  Bentuk Perubahan Sosial yang Bersifat Regresif

Tanah

Tanah adalah lapisan bumi yang teratas. Tanah tergolong sumberdaya alam yang dapat diperbarui dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan manusia misalnya seperti untuk menanam berbagai jenis tumbuhan, membuat berbagai perabot rumah tangga, batu bata, berbagai macam kerajinan dan lain sebagainya.

Udara

Udara berbentuk gas yang terdiri atas berbagai zat seperti oksigen dan karbondioksida. Udara yang menyehatkan mengandung banyak oksigen. Udara tersebut dibutuhkan manusia untuk bernafas, apabila tidak ada lagi udara maka manusia akan musnah. Selain untuk bernapas, udara juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olah raga misalnya seperti terjun payung dan gantole.

Tumbuhan

Tumbuhan atau dapat juga disebut dengan tanaman ini dibedakan menjadi empat macam, yaitu tanaman pertanian, tanaman perkebunan, tanaman hutan, dan tanaman air. Tanaman pertanian adalah tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal dan ladang. Tanaman perkebunan adalah tanaman perkebunan yang ada di dataran tinggi dan di dataran rendah. Tanaman hutan merupakan tanaman yang tumbuhnya ada di hutan. Misalnya seperti tanaman kayu jati, kayu kruing, kayu meranti, dan rotan. Sedangkan, tanaman air merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan antara lain rumput laut dan alga.

PELAJARI:  Pemasaran Kualitas Produk Berpengaruh Terhadap Penawaran

Hewan

Hewan atau binatang dapat dibedakan menjadi tiga antara lain seperti hewan liar, hewan piaraan, dan hewan ternak.Hewan liar adalah hewan yang dapat hidup bebas di alam baik di perkampungan, hutan, sungai, ataupun di laut. Hewan piaraan adalah hewan yang biasa dipelihara oleh manusia hanya untuk kesenangan atau hoby. Sedangkan, hewan ternak adalah hewan yang sengaja dikembangbiakkan guna kebutuhan konsumsi maupun industri.