Periode Sejarah di Indonesia

Posted on

Secara umum sejarah manusia di dunia ini dapat digolongkan menjadi dua zaman atau periode yaitu zaman sejarah dan zaman pra sejarah. Zaman sejarah merupakan zaman yang ditandai dengan adanya bukti tulisan atau manusia sudah mulai mengenal tulisan. Sedangkan zaman pra sejarah dapat diartikan dengan zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Nah, sejarah di Indonesia mengalami beberapa zaman antara lain seperti zaman batu, zaman logam, zaman Hindhu-Budha, zaman Islam, zaman penjajahan, dan zaman Indonesia modern.

  1. Zaman Batu

Pada zaman batu, manusia di Indonesia banyak memanfaatkan peralatan yang terbuat dari batu untuk membantu melakukan aktifitas sehari-hari. Pada waktu zaman batu terdapat kapak perimbas yaitu kapak yang terbuat dari batu untuk menggali dan memotong umbi-umbian. Kemudian, manusia di zaman batu juga memanfaatkan 2 buah batu untuk membuat api dengan cara menggesek-gesekkannya.

  1. Zaman Logam
PELAJARI:  Pengertian Kepulauan Dan Semenanjung

Pada zaman ini manusia di Indonesia sudah mulai mengenal logam. Logam dapat dimanfaatkan untuk membuat peralatan kebutuhan hidup hingga perhiasan. Logam yang biasanya banyak dimanfaatkan antara lain seperti besi dan emas.

  1. Zaman Hindu-Budha

Zaman ini merupakan zaman yang ditandai dengan masuk dan berkembangnya ajaran Hindu-Budha. Pada zaman ini juga muncul kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha, misalnya seperti Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Singosari, dan Majapahit. Selain itu juga terdapat beberapa bangunan candi, keraton, dan patung.

  1. Zaman Islam

Pada zaman ini ditandai dengan ajaran Islam yang masuk dan berkembang di Indonesia. Pada zaman ini terdapat Kerajaan Samudera Pasai, Aceh, Demak, Banten, dan Ternate. Peninggalan-peninggalan pada zaman ini berupa masjid dan makam.

  1. Zaman Kolonial atau Penjajahan
PELAJARI:  Dampak Pemberlakuan MEA Bagi Tenaga Kerja Indonesia

Zaman ini merupakan zaman ketika nusantara dikuasai oleh bangsa-bangsa penjajah, misalnya seperti Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Indonesia melakukan berbagai perjuangan dan perlawanan untuk melawan penjajah. Pada zaman ini juga banyak dibangun benteng. Selain itu juga  banyak senjata api dan meriam yang digunakan oleh para penjajah.

  1. Zaman Indonesia Modern

Zaman Indonesia modern adalah zaman Indonesia setelah merdeka dari penjajah hingga sekarang. Zaman ini ditandai dengan adanya kemerdekaan RI dan teknologi yang mulai berkembang. Masyarakat di Indonesia juga sudah melek huruf.