Yuk Kita Cari Tahu tentang Daur Air

Posted on

Dua per tiga bagian dari bumi ialah air. Air memang sangat penting bagi makluk hidup karena sebagai sumber kebidupan. Apabila musim kemarau datang atau kekeringan terjadi maka akan menjadi masalah untuk makhluk hidup. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air. Nah, sebenarnya air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus atau daur air. Daur air merupakan perputaran air yang terjadi di alam. Daur air tersebut dapat terjadi hingga berulang-ulang secara teratur.

Proses daur air dapat terjadi dengan adanya air laut yang terkena panas matahari sehingga menguap menjadi awan. Awan tersebut selanjutnya ditiup angin dan berkumpul di atmosfer. Makin naik ke atas, suhu awan akan makin dingin. Awan yang memiliki suhu dingin berkondensasi membentuk titik-titik air.

PELAJARI:  Mengembangkan Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerpen

Kemudian, titik-titik air yang terbawa oleh angin dan jatuh menjadi hujan. Nah, air hujan yang jatuh di darat masuk dan mengalir ke sungai. Air sungai yang mengalir tersebut akan bermuara ke laut. Sebagian dari air hujan akan berubah menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah keluar menjadi sumber air. Perlu kamu ketahui bahwa daur air akan terjadi berulang-ulang sehingga air tetap selalu tersedia di bumi.