Menyimpulkan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Posted on

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, ada berbagai macam jenis teks laporan yang dipelajari. Salah satu diantaranya adalah teks laporan hasil observasi. Pelajaran sebelumnya kamu sudah mempelajari pengertian teks laporan hasil observasi dan tugas selanjutnya adalah menyimpulkan fungsi teks laporan hasil observasi.

Untuk itu, kamu harus memahami apa tujuan dan fungsi teks laporan hasil observasi. Nah berikut ini ada beberapa fungsi teks laporan hasil observasi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  • Fungsi teks laporan hasil observasi adalah sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya karena disusun berdasarkan dengan data dan fakta.
  • Fungsi teks laporan hasil observasi sebagai laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan (observasi).
  • Fungsi teks laporan hasil observasi sebagai sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi.
  • Fungsi teks laporan hasil observasi sebagai penjelas dasar penyusunan kebijaksanaan, pemecehan suatu permasalahan dalam pengamatan, serta sebagai sebuah keputusan.
PELAJARI:  Menjelaskan Pengajuan, Penawaran dan Persetujuan dalam Teks Negosiasi

Tugas

a) Simpulkanlah fungsi teks laporan hasil observasi pada teks Wayang dan D’topeng Museum Angkut.
Jawab:

  • Fungsi teks laporan hasil observasi teks wayang adalah sebagai alat pendokumentasian objek wayang, dengan menjabarkan deskripsi bagian wayang secara detail serta deskripsi manfaat penggunaan wayang
  • Fungsi teks laporan hasil observasi teks d’topeng museum angkot adalah alat pendokumentasian objek topeng dan benda-benda yang berada di museum angkot dengan menjabarkan deskripsi bagian benda-benda kuno serta deskripsi manfaat fungsi dari museum tersebut.

b) Carilah 2 contoh teks laporan hasil observasi kemudian tentukan fungsinya.
Jawab:

Bunga Bangkai

Bunga bangkai mempunyai nama latin rafflesia arnoldy dan memiliki ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perlindungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan.
Fungsi: sebagai tanaman langka yang harus di perhatikan dan dilestarikan

PELAJARI:  Unsur Ekstrinsik Puisi

Kebersihan Lingkungan Komplek Perumahan

Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah di serang oleh berbagai macam penyakit.
Fungsi: sebagai pencipta kenyaman di lingkungan sekitar.