Benda-benda Isolator dan Konduktor

Posted on

Pernahkah kamu mendengar istilah konduktor dan isolator? Konduktor merupakan benda yang bisa menghantarkan panas, sdangkan isolator merupakan benda yang tidak mampu menghantarkan panas. Ayo kita pelajari lebih lanjut pada pembahaan berikut ini.

Benda-benda Konduktor

Sisekitarmu banyak terdapat benda-benda yang mampu menghantarkan panas misalnya seperti setrika baju, panci, dan teflon. Setrika baju terbuat dari bahan logam yang sifatnya mampu menghantarkan panas dengan cepat. Logam besi dan baja tergolong konduktor yang baik.

Panci yang biasanya dipakai untuk memasak terbuat dari bahan alumunium. Alumunium terbuat dari campuran beberapa logam dan bersifat konduktor sehingga mampu menghantarkan panas dengan baik. Sedangkan, teflon merupakan suatu polimer atau gabungan senyawa kimia sejenis yang dapat membentuk ikatan yang kuat. Teflon juga termauk konduktor yang baik.

PELAJARI:  Susunan Bagian-Bagian Utama Sel Bakteri

Benda-benda isolator

Apabila bahan-bahan isolator dipanaskan dengan suhu tinggi maka akan terbakar. Perlu kamu ketahu bahwa benda-benda nonlogam tidak akan mampu menghantarkan panas dengan baik misalnya seperti kertas, kayu, kain, dan plastik. Benda-benda tersebut sering digunakan untuk pengaman atau pegangan setrika panci, teflon,dan lain sebagainya.