Gempa Bumi Tektonik dan Vulkanik

Posted on

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan oleh proses alam dan bukan disebabkan karena ulah manusia. Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Ayo simak pembahsannya berikut ini.

  1. Gempa tektonik

Gempa tektonik merupakan gempa yang disebabkan karena adanya pergeseran di dalam lapisan kulit bumi. Gempa tersebut dapat berskala kecil dan juga besar. Gempa yang berskala kecil b terjadi  biasanya berupa getaran-getaran kecil di daerah sekitar pusat gempa. Sedangkan gempa yang berskala besar akan terjadi dengan getaran atau goncangan besar disertai retak atau runtuh bangunan pada sekitar pusat gempa. Bencana gempa tektonik memang tidak bisa diduga terlebih dahulu karena datangnya tiba-tiba, dan sama sekali tidak ada tanda-tanda.

  1. Gempa vulkanik (gunung berapi)
PELAJARI:  Inilah Fungsi Kulit (Integumen) yang Harus Kamu Ketahui

Gempa vulkanik merupakan gempa bumi yang diakibatkan oleh letusan gunung berapi. Gempa tersebut terjadi berdekatan dengan gunung berapi dengan memiliki bentuk keretakan memanjang yang serupa dengan gempa bumi tektonik. Gempa bumi vulkanik ini disebabkan oleh pergerakan magma ke atas sehingga geseran pada batu-batuan menghasilkan gempa bumi. Gempa bumi tersebut dapat diukur menggunakan pengukur Richter.