Penyakit dan Gangguan pada Telinga Manusia

Posted on

Telinga merupakan salah satu indera pendengar yang membantu manusia dalam mendengar bunyi. Telinga kita harus dijaga dengan baik agar tidak terkena gangguan. Apabila teinga kita terkena gangguan maka kita tidak akan bisa mendengar dengan maksimal bahkan bisa menjadi masalah lain yang lebih serius. Berikut ini beberapa penyakit telinga yang perlu kamu ketahui.

Tuli

Tuli merupakan gangguan yang terjadi pada telinga dan menyebabkan penderitanya tidak dapat mendengar. Tuli dapat  terjadi sejak lahir atau setelah dewasa. Tuli dapat digolongkan menjadi 2 yaitu tuli konduksi dan tuli syaraf.

a. Tuli konduksi

Tuli konduksi dapat  terjadi akibat gangguan penghantaran suara. Hal tersebut terjadi pada bagian telinga luar dan tengah. Penyebab dari tuli konduksi antara lain seperti  penebalan atau pecahnya gendang telinga, penyumbatan saluran telinga tengah oleh minyak serumen atau benda, dan pengapuran pada tulang-tulang pendengaran.

PELAJARI:  Jenis-jenis Batuan

b. Tuli saraf

Tuli syaraf diakibatkan oleh rusaknya lintasan saraf. Oleh karena itu, penyakit tuli syaraf biasanya tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini hanya dapat ditolong dengan alat  bantu dengar.

Infeksi telinga

Infeksi telinga terjadi karena bisul/luka yang ada di dalam telinga. Telinga dapat terluka karena membersihkan telinga menggunakan benda keras, seperti korek api atau kuku. Benda-benda tesebut tidak hanya akan melukai telinga akan tetapi juga akan menimbulkan infeksi.

Congek

Congek merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh cairan berbau busuk dari dalam telinga. Penyakit tersebut terjadi karena radang telinga bagian dalam.