Akar dan Macamnya

Posted on

Pada umumnya, akar tumbuh searah dengan gaya grafitasi atau gaya tarik bumi. Akar pada tumbuhan memiliki fungsi untuk menyerap air, zat hara dan mineral. Akar mrupakan bagian yang mampu menguatkan batang agar bisa berdiri dengan kokoh. Semua tumbuhan tentu saja memiliki akar. Terdapat dua sistem perakaran tumbuhanyaitu sistem akar serabut dan sistem akar tunggang. Mari simak pembahasannya berikut ini.

a. Akar serabut

Akar serabut adalah akar yang terbentuk dari pertumbuhan akar liar. Akar ini biasanya memiliki ukurannya yang relatif kecil dan dapat tumbuh pada pangkal batang.Tumbuhan yang memiliki jenis akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan berkeping. Contoh dari akar tanaman yang serabut antara lain speerti padi dan kelapa.

b. Akar tunggang

Akar tunggang merupakan akar tumbuhan asalnya dari pangkal batang. Akar tunggang tersebut mempunyai bagian atas satu akar besar dan bercabang-cabang. Cabang akar tunggang tersebut  akan keluar dari akar yang besar. Akar tunggang umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil atau berkeping dua, misalnya seperti tanaman buah jeruk, mangga, dan rambutan. Fungsi dari akar tunggang pada tumbuhan antara lain seperti mampu menegakkan dan memperkuat berdirinya tumbuhan, dapat dijadikan sebagai cadangan makanan, dan mampu menyerap air dan mineral hingga kedalam tanah, lalu akan menyalurkannya ke bagian tumbuhan yang lainnya.

PELAJARI:  Bentuk-bentuk Kaki Burung Sesuai dengan Cara Adaptasinya

Manusia dapat memanfaatkan akar untuk memenuhi kebutuhannya. Akar tanaman yang dapat dimanfaatkan seperti  ubi kayu dan wortel sangat berguna sebagai sumber makanan. Ada pula akar bit yang digunakan sebagai bahan baku parfum, serta beberapa jenis akar pada tumbuhan lain yang beraneka ragam. Berikut ini terdapat beberapa akar khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu.

a. Akar gantung

Akar gantung memilik fungsi sebagai pengisap udara untuk bernapas. Akar ini dapat tumbuh pada batang atau cabang pohon sehingga akar dapat menggantung di udara. Akar gantung ini sebenarnya juga mampu menyerap air dan mineral tanah akan tetapi hanya terjadi  bila pertumbuhannya sudah mencapai tanah. Contoh dari tumbuhan yang memiliki akar gantung ialah beringin.

PELAJARI:  Tumbuhan tak Berpembuluh (lumut)

b. Akar isap

Akar isap meupakan akar yang dimiliki oleh tumbuhan yang biasanya melekat pada tumbuhan lain. Akar ini memiliki kegunaan untuk mengisap air dan makanan dari tumbuhan inang. Tumbuhan inang merupakan tumbuhan yang ditumpanginya. Contoh dari tumbuhan yang memiliki akar isap ini ialah benalu.

c. Akar tunjang

Akar tunjang merupakan akar tumbuhan yang mampu menunjang atau menyangga batang supaya tidak roboh. Tumbuhan yang memiliki akar ini biasanya hidup di pantai. Akar ini dapat membantu tanaman untuk menghadapi hempasan gelombang. Akar ini tumbuh dari bagian bawah batang, misalnya pada tanaman pandan duri atau tumbuhan bakau.