Beberapa Jenis Hubungan Antarmakhluk Hidup

Posted on

Apakah kamu pernah melihat benalu yang menempel pada pohon? Benalu sering menempel pada pohon dan membuat inang atau pohon yang ditumpanginya tampak kurang subur. Hal tersebut karena sebagian zat-zat makanan yang ada pada pohon diambil oleh benalu. Selain itu juga ada kupu-kupu yang hinggap di bunga. Kupu-kupu akan mendapatkan madu  dan sekaligus membantu bunga untuk penyerbukan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antarmakhluk hidup.  Bentuk hubungan tersebut ada yang saling menguntungkan, ada pula yang merugikan. Hubungan erat antardua makhluk hidup berbeda jenis dapat disebut simbiosis. Simbiosis digolong kan menjadi tiga yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

Simbiosis Mutualisme

Madu merupakan hasil simbiosis mutualisme antara lebah dan bunga. Simbiosis mutualisme tersebut terjadi pada dua makhluk hidup berbeda jenis yang bersifat saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme tersebut juga terjadi pada lebah dan bunga. Lebah hinggap di atas bunga untuk mengambil nektar sebagai makanannya. Nektar itulah yang akan menjadi bahan dasar membuat madu. Sedangkan, penyerbukan dapat terjadi apabila serbuk sari jatuh di atas kepala putik. Hal tersebut bisa terjadi akibat  gerakan lebah saat mengambil nektar.

PELAJARI:  Ayo Belajar Alat Pernapasan pada Hewan

Simbiosis Komensalisme

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua hubungan antarmakhluk hidup bersifat saling menguntungkan ataupun merugikan. Ternyata, hal tersebut berbeda dengan ikan hiu beserta ikan-ikan kecil yang ada disekitarnya.  Ikan-ikan kecil itu merupakan ikan remora yang selalu mengikuti kemana pun ikan hiu pergi. Hal tersebut membuat ikan-ikan remora aman dari gangguan ikan-ikan yang lebih besar. Ikan-ikan remora juga akan mendapatkan sisa-sisa dari makanan ikan hiu. Hubungan yang terjadi antara ikan hiu dan remora tersebut adalah simbiosis komensalisme. Simbiosis komensalisme merupakan hubungan antardua makhluk hidup yang menguntungkan salah satunya. Namun pihak lain tidak akan merasa dirugikan. Ikan hiu tidak  dirugikan ataupun diuntungkan ikan-ikan remora.

PELAJARI:  Pengaruh Suhu Bagi Proses Fotosintesis

Simbiosis komensalisme ini juga terjadi pada tanaman anggrek dan pohon besar. Tanaman anggrek menempel ke batang pohon besar untuk memperoleh cahaya matahari. Namun, pohon besar tidak dirugikan oleh anggrek karena anggrek dapat membuat makanan sendiri sehingga tidak mengambil makanan dari pohon besar. Pohon besar juga tidak akan diuntungkan oleh pohon anggrek.

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan hubungan antar makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak sedangkan yang lainnya akan dirugikan. Misalnya saja benalu yang hidup sebagai parasit pada pohon mangga. Benalu akan mengambil sari-sari makanan yang dibuat pohon mangga. Hal tersebut tentu akan merugikan pohon mangga karena sebagian makanannya diambil oleh benalu.

PELAJARI:  Struktur dan Fungsi Tubuh Protista