Bentuk-bentuk Kaki Burung Sesuai dengan Cara Adaptasinya

Posted on

Hewan memiliki cara adaptasi yang berbeda-beda, hal ini juga termasuk bentuk kakinya. Bentuk kaki burung akan sesuai dengan lingkungan tempat hidupnya (habitat) serta makanannya. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang bentuk-bentuk kaki pada hewan pada pembahasan berikut ini.

Kaki elang

Kaki burung elang mempunyai empat jari. Setiap jari memiliki kuku-kuku yang begitu kuat. Bentuk kaki seperti tersebut berguna untuk mencengkeram mangsanya dan bertengger di pohon. Burung elang termasuk ke dalam burung pencengkeram yang kuat.

Kaki burung gelatik

Kaki burung gelatik mempunyai empat jari dengan ukuran yang kecil. Bentuk kaki tersebut akan memudahkan gelatik ketika bertengger di batang padi. Burung gelatik termasuk ke dalam burung petengger.

PELAJARI:  Pengertian dan Pengaruh Eutrofikasi pada Lingkungan

Kaki bangau

Kaki burung bangau mempunyai ukuran kaki yang panjang. Jari-jari dari burun Bangau mempunyai sedikit selaput. Hal tersebut dapat memudahkan bangau ketika berjalan di atas lumpur dan mencari makan.

Bebek

Bebek mempunyai kaki yang berselaput. Bentuk kaki tersebut akan memudahkannya untuk berjalan di atas tanah yang berlumpur. Selain itu juga dapat digunakan untuk berenang. Bebek termasuk burung perenang.