Fungsi dan Macam-macam Katrol

Posted on

Katrol merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang terbuat dari roda dengan tepi yang beralur sehingga dapat berputar pada porosnya. Katrol dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dalam mengangkat benda-benda yang berat. Secara umum katrol memiliki kegunaan untuk mengubah arah gaya agar mudah menariknya dan mendapatkan gaya tarik yang lebih ringan.

Pernahkah kamu menimba air di sumur? Saat menimba air dari sumur, ember yang berisi air dapat terangkat menggunkaan katrol dengan bantuan tali yang telah dikaitkan pada katrol. Tali ditahan oleh katrol sehingga tidak mudah lepas ketika ditarik. Selain untuk menimba air, katrol juga banyak dipasang pada tiang bendera untuk menaikkan bendera. Di gudang pabrik juga biasanya disediakan mobil pengangkut beban yang dilengkapi dengan katrol yang berfungsi untuk mindahkan benda ke tempat yang lain. Terdapat  2 jenis katrol yaitu katrol tetap dan katrol bebas.

PELAJARI:  Pengertian Hukum Newton I, II, III dan Beserta Contohnya

Katrol Tetap

Katrol tetap merupakan katrol yang tidak berubah-ubah posisinya. Katrol tetap ini biasanya digantungkan pada suatu tempat yang tetap.Katrol yang gunakan pada tiang bendera untuk menaikkan bendera adalah salah satu contoh penggunaan katrol tetap.

Katrol Bebas

Katrol Bebas sering juga disebut dengan katrol tunggal bergerak. Katrol bebas ini merupakan katrol yang dapat berubah-ubah posisinya. Berbeda dengan katrol yang sebelumnya, Katrol bebas ini tidak digantungkan pada suatu tempat. Katrol bebas ini dapat digunakan untuk mendapatkan gaya tarik yang lebih ringan daripada memakai katrol tetap.