Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Posted on

Setelah kita mengetahui perkembangbiakan dengan vegetatif alami, ayo kita cari tahu tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan.Dengan cara vegetatif buatan oleh manusia maka dapat memperoleh jenis tumbuhan baru. Tumbuhan baru tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tumbuhan induk. Perkembangbiakan secara vegetatif buatan yaitu seperti mencangkok, okulasi, setek, dan merunduk.

Cangkok

Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan dicangkok yaitu tumbuhan dikotil misalnya seperti mangga, jeruk, dan jambu. Sebenarya, mencangkok itu dapat dlakukan dengan mudah yaitu dengan menguliti bagian batang tumbuhan terlebih dahulu, kemudian membersihkan kambiumnya. Setelah itu, kamu bisa menutup batang yang telah bersih dari kulit dan kambium dengan tanah subur. Langkah terakhir yaitu dengan membungkus batang yang sudah ditutup tanah menggunakan plastik atau sabut kelapa dan mengikatnya dengan erat. Apabila diperlukan, cangkokan tersebut dapat disiram setiap hari. Nah, untuk hasil cangkokan yang telah ditumbuhi akar maka dapat dipotong tepat di bawah pembungkus cangkokan. Hindari menanam hasil cangkokan langsung di tanah terbuka sehingga kamu harus menempatkannya ke wadah persemaian.

PELAJARI:  Sifat-Sifat Cahaya

Setek

Setek dapat dilakukan dengan cara menanam bagian tumbuhan tanpa harus menunggu tumbuhnya akar baru. Terdapat dua jenis setek yaitu setek batang dan setek daun. Tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan setek batang yaitu seperti ketela pohon, mawar, dan tebu. Sedangkan tumbuhan yang dapat disetek daunnya adalah cocor bebek dan sri rejeki.

Okulasi

Okulasi adalah perkembangbiakan tumbuhan yang dapat dilakukan dengan cara menempelkan tunas tumbuhan ke tunas tumbuhan lain. Masing-masing dari tunas mempunyai sifat unggul yang berbeda. Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara okulasi seperti mangga dan jeruk.

Merunduk

Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara merunduk biasanya memiliki batang yang panjang dan lentur. Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara merunduk antaralain seperti tebu, apel, dan melati. Cara perkembangbiakan tanaman dengan cara merunduk dapat dilakukan dengan cara mengeratkan sedikit batang tanaman, lalu rundukkan atau lengkungkan batang tersebut ke tanah. Nah, setelah itu timbunlah bagian yang dikerat tersebut menggunkan tanah. Kemudian, siram tanah tersebut secara teratur. Akar akan tumbuh dari batang yang ditimbun sehingga dapat muncul tanaman baru.

PELAJARI:  Penyelidikan Ilmiah IPA

Mengenten

Mengenten merupakan perkembangbiakan vegetatif buatan yang dapat dilakukan dengan cara menyambung dua tanaman yang berbeda tetapi masih satu jenis. Cara mengenten yaitu bagian ujung tanaman dipotong, lalu disambung dengan tumbuhan lainnya. Tumbuhan sejenis yang digunakan untuk menyambung sebaiknya mempunyai kualitas yang lebih baik. Tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan cara ini antara lain seperti jeruk, jambu, dan durian.