Sumber Energi Listrik

Posted on

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat berbagai sumber energi listrik di sekitar kita, misalnya seperti sinar matahari, air, angin, uap, baterai, dan aki. Selain itu juga terdapat baterai yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik. Baterai dapat digunakan sebagai sumber energi karena dapat menggerakkan berbagai peralatan misalnya seperti mobil mainan, kipas portable, dan lain sebagainya.

Baterai

Pada ujung batu baterai mimiliki kutub positif (+) dan terdapat kutub negatif (–). Apabila kutub negatif dan positif tersebut dihubungkan maka akan menghasilkan energi listrik. Apabila bungkus luar pada baterai dibuka maka akan terlihat lapisan seng. Lapisan tersebut memiliki fungsi sebagai kutub negatif. Besar dari tegangan listrik biasanya terdapat pada bungkus baterai misalnya, pada bungkus baterai tertulis 1 V itu artinya memiliki tegangan listrik sebesar 1 volt.

PELAJARI:  Penyakit Manusia yang disebabkan oleh Virus

Aki (Accumulator)

Aki atau accumulator merupaka salah satu sumber energi yang biasanya digunakan pada mobil dan sepeda motor. Aki memiliki cairan kimia di dalamnya yaitu berupa larutan asam sulfat encer. Hampir mirip dengan baterai, sumber energi listrik aki juga bisa habis tetapi bisa diisi kembali dengan disetrum untuk memperoleh energi listrik. Pada aki biasanya tertulis besar tegangan listrik yang dimilikinya biasanya tertulis 6 V, 9 V, 12 V, hingga 24 V. Aki dapat disebut sebagai elemen basah karena memiliki cairan kimia yang ada di dalamnya.

Generator

Angin dapat digunakan untuk menggerakkan kincir angin. Angin akan memutar turbin yang telah terhubung dengan generator. Generator tersebut akan ikut berputar dan menghasilkan energi listrik. Energi gerak angin dapat berubah menjadi energi listrik dengan memakai generator tersebut.

PELAJARI:  Sistem Ekskresi pada Manusia