Alat Pencernaan pada Manusia

Posted on

Alat-alat pencernaan manusia antara lain seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Perlu kamuketahui bahwa saluran-saluran pencernaan dari mulut hingga anus memiliki panjang antara sekitar 8,5-10 meter sehingga 5–6 kali tinggi badan. Saluran pencernaan tersebut dapat ringkas karena melingkar-lingkar di dalam rongga perut kita. Ayo kita cari tahu tentang alat-alat pencernaan pada manusia.

Mulut

Mulut merupakan alat pencernaan yang paling utama karena makanan langsung masuk ke dalam tubuh melewati mulut. Di dalam rongga mulut ada gigi, lidah, dan air ludah (air liur) yang memiliki peran untuk mencerna makanan di dalam mulut. Ketika makanan dikunyah oleh gigi dan lidah maka terjadi pencernaan makanan secara mekanis. Sedangkan, air ludah mencerna makanan secara kimiawi. Pencernaan mekanis yaitu pada proses makanan dikunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Adapun pencernaan kimiawi yaitu pencernaan makanan yang dilakukan enzim.

PELAJARI:  Organ Pencernaan Makanan pada Manusia

Kerongkongan

Kerongkongan adalah saluran penghubung antara rongga mulut dan lambung. Panjang saluran tersebut kira-kira 20 cm yang terdiri dari otot yang lentur. Ketika makanan berada dalam kerongkongan maka akan didorong oleh dinding kerongkongan hingga menuju lambung. Gerakan dorongan tersebut dapat disebut sebagai gerak peristaltik. Gerak peristaltik tersebut dilakukan oleh otot-otot dinding pada kerongkongan.

Lambung

Lambung merupakan alat pencernaan berotot yang bentuknya seperti kantong. Pada bagian dalam dinding lambung memiliki lipatan-lipatan yang berfungsi untuk mengaduk makanan dan ada gerakan peristaltik. Dinding lambung tersebut mampu menghasilkan asam klorida yang berguna untuk membunuh kuman-kuman yang biasanya masuk bersama makanan. Di dalam lambung juga terdapat enzim pepsin dan renin. Enzim pepsin memiliki kegunaan untuk mengubah protein menjadi asam amino. Adapun, enzim renin berguna untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam lambung terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi.

PELAJARI:  Tokoh-tokoh pada Zaman Hindhu-Budha

Usus halus

Apabila makanan telah dicerna di dalam lambung maka selanjutnya makanan masuk menuju usus halus. Perlu kamu ketahui bahwa usus halus tersebut sangat panjang akan tetapi melipat-lipat di perut. Usus halus terdiri dari tiga bagian yakni usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap.

Usus besar

Usus besar terdiri dari usus besar naik, usus besar melintang, serta usus besar turun. Ketika didalam usus besar akan terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Setelah itu, sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dibusukkan oleh bakteri pembusuk (e-colli) yang ada di dalam usus besar. Hasil pembusukan tersebut dapat berupa bahan padat, cair, dan gas.

PELAJARI:  Inilah Pengendapan Berdasarkan Tenaga Pengangkutnya

Anus

Anus merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan yang berupa lubang keluar. Sisa pencernaan yang berasal dari usus besar akan dikeluarkan melalui anus. Terdapat sisa hasil pencernaan yang sudah dibusukkan berupa bahan padat dikeluarkan sebagai tinja dan gas. Sedangkan sisa pencernaan yang berwujud cairan akan disalurkan dan disaring oleh ginjal. Cairan yang sudah tidak lagi berguna maka akan dikeluarkan melewati lubang kemih berupa air seni.