Alat-alat Pernapasan Manusia

Posted on

Alat pernapasan manusia terdiri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Saluran pernapasan tersebut berfungsi menghubungkan paru-paru dengan yang lainnya, yaitu seperti hidung, tekak, pangkal tenggorok, batang tenggorok, cabang tenggorok, anak cabang tenggorok. Ayo simak pembahasan secara lengkap berikut ini.

Hidung

Hidung adalah alat pernapasan terluar dan tempat pertama kali udara masuk. Hidung manusia memiliki tulang lempengan tengah. Tulang tersebut menyekat hidung menjadi dua rongga yaitu sebelah kanan dan rongga sebelah kiri. Pada rongga hidung ada rambut hidung dan selaput lendir. Rambut hidung tersebut berguna untuk menyaring kotoran yang masuk bersama udara yang dihirup. Adapun, selaput lendir berguna untuk menyaring kotoran dan kuman yang masuk ke dalam rongga hidung.

PELAJARI:  Inilah Cara Memelihara Kesehatan Alat Pencernaan

Pangkal Tenggorok/ Laring

Pangkal tenggorok terdapat katup pangkal tenggorok atau epiglotis dan tulang-tulang rawan yang membentuk jalan. Pada pangkal tenggorok ada organ yang mampu memberikan warna suara atau dapat disebut dengan pita suara. Pada umumnya, ukuran pita suara laki-laki lebih besar bila dibandingkan dengan pita suara perempuan. Hal tersebut menjadikan nada suara laki-laki lebih rendah dan cederung lebih besar daripada perempuan.
Nah, katup pangkal tenggorok atau epiglotis juga berperan penting dalam sistem pernapasan. Ketika berbicara maka katup epiglotis akan turun sehingga dapat menutupi saluran makanan. Sementara saat makan maka epiglotis akan terangkat sehingga saluran makanan dapat terbuka dan saluran udara tertutup.

PELAJARI:  Jenis-jenis Tanah yang Ada di Bumi

Batang Tenggorok/ Trakea

Batang tenggorok atau sering disebut trakea ini tersusun dari tulang-tulang rawan yang bentuknya seperti cincin, fungsinya sebagai tempat lewatnya udara.

Cabang batang tenggorok/bronkus

Batang tenggorok memiliki cabang berjumlah dua yang masing-masing akan menuju paru-paru. Cabang tersebut dinamakan bronkus. Bronkus juga tersusun dari tulangtulang rawan yang berbentuk cincin.

Anak cabang batang tenggorok

Selanjutnya, bronkus juga bercabang lagi yaitu dua atau tiga sesuai dengan jumlah gelambir (lobus) paru-paru. Perlu kamu ketahui bahwa bronkus paru-paru kanan memiliki cabang tiga dan bronkus paru-paru kiri bercabang dua. Bronkus mempunyai cabang lagi menjadi saluran-saluran kecil yang dinamakan sebagai bronkiolus, dan berakhir berupa gelembung-gelembung yang sangat kecil yaitu alveolus.

PELAJARI:  Kegunaan dan Penghematan Energi Listrik

Paru-paru/ pulma

Apabila udara telah melewati hidung dan saluran pernapasan maka udara masuk menuju paru-paru. Paru-paru atau pulma manusia memiliki satu pasang yaitu kiri dan kanan. Paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir sedangkan paru-paru kiri memiliki dua gelambir. Paru-paru tersebut dibungkus oleh selaput yang dinamakan pleura.