Merumuskan Tata Cara Debat

Posted on

Pada kegiatan 1 dan 2, kamu telah menganalisis unsur-unsur debat serta tugas peserta yang mengikuti (peserta debat) kegiatan debat. Dalam bagian ini, kamu akan merumuskan tata cara melaksanakan debat dengan baik.

Carilah beberapa teks debat baik tulis maupun lisan (dalam bentuk video, misalnya dari internet), agar kamu bisa merumuskan tata cara debat. Kamu juga dapat merumuskan tata cara debat dengan mempelajari tata tertib sebuah lomba.

Sebagai contoh kamu dapat mempelajari teknis debat dalam lomba debat Bahasa Indonesia yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan tahun 2015 berikut ini.

Perkenalan (Durasi 3 menit)
Setiap tim memperkenalkan diri selama 1 menit

Penyampaian Pernyataan Topik (Durasi 15 menit)
Setiap tim menyampaikan argumentasinya terhadap pernyataan topik selama 5 menit. Dimulai oleh Tim Pendukung, dilanjutkan oleh Tim Penyanggah, dan Tim Netral

PELAJARI:  Mengonstruksi Sebuah Cerita Pendek dengan Memperhatikan Unsur-Unsur Pembangun

Debat 9 Menit Pertama (Durasi 14 menit)
Setiap tim mengomentari argumentasi tim lain selama 3 menit, misalnya Tim Pendukung mengomentari argumentasi Tim Penyanggah dan Tim Netral selama 3 menit, demikian seterusnya.

5 menit berikutnya
Diberikan hak bicara selama 1 menit kepada tim yang memencet bel paling dulu. Akan diberikan 5 kali kesempatan memencet bel. Tim yang cepat akan mendapat kesempatan bicara lebih banyak. Hak bicara dapat digunakan untuk memberikan komentar, sanggahan, atau pertanyaan, bukan celaan.

Simpulan (Durasi 3 menit)
Setiap tim memberikan ungkapan penutup terhadap pernyataan topik sesuai dengan posisinya selama 1 menit.