Peninggalan Zaman Hindhu Budha yang berupa Candi

Posted on

Candi adalah salah satu bangunan yang dibuat dengan tujuan untuk menghormati arwah penguasa atau raja yang telah meninggal pada zaman dahulu. Asalkata candi adalah candikagraha artinya ‘rumah candika’. Candika merupakan sebuah nama dewa durga atau dewa kematian. Nah berikut ini beberapa candi peninggalan Hindu-Budha yang perlu kamu ketahui.

Candi Portibi

Candi Portibi adalah salah satu peninggalan Kerajaan Panai yang bercorak Hindu yang dibangun pada tahun 1039. Candi tersebut terletak di Padang Balok, Gunung Tua, Provinsi Sumatera Utara.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus ini letaknya di Kabupaten Kampai Provinsi Riau. Candi Muara Takus dibangun pada masa Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-9 Masehi. Tujuannya dibangun candi ini adalah sebagai tempat pemujaan penganut agama Hindu Mahayana.

PELAJARI:  Sistem Ekskresi pada Manusia

Candi Panataran

Candi Panataran merupakan salah satu candi yang letaknya di daerah Blitar. Candi tersebut didirikan pada masa Majapahit tepatnya di tahun 1350.

Candi Mendut

Candi Mendut ini merupakan candi yang bercorak Budha yang didirikan oleh raja India pada 824. Letak candi ini berada di sebelah timur Candi Borobudur.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi yang letaknya di Muntilan, Jawa Tengah. Candi tersebut didirikan pada tahun 824 Masehi. Candi Borobudur dibangun oleh Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Candi Borobudur memiliki 10 tingkat. Hal tersebut melambangkan sebuah makna yaitu kesempurnaan hidup akan dicapai apabila telah mencapai 10 tingkatan. Candi ini memiliki relief atau gambar-gambar yang diukir.

PELAJARI:  Alat Pencernaan pada Manusia

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Lorojonggrang yang terletak di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Candi tersebut didirikan pada masa Kerajaan mataram tepatnya pada abad ke-8 M. Candi Prambanan adalah bangunan suci untuk agama Hindu Siwa. Candi Prambanan tersebut menyimpan tiga arca antara lain seperti arca Siwa Mahadewa, Siwa Mahaguru, dan Siwa Ganesha.