Kenampakan Buatan di Indonesia

Posted on

Kenampakan buatan merupakan bentuk kesengajaan yang dibuat oleh manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kenampakan buatan yang ada di Indonesia antara lain seperti bendungan, kawasan industri, pelabuhan, bandar udara, dan perkebunan. Ayo simak pembahasannya berikut ini.

Bendungan

Bendungan merupakan salah satu kenampakan yang dibuat oleh manusia dengan sengaja karena akan digunakan sebagai pembangkit listrik, pengairan sawah, tempat rekreasi, persediaan air bersih, dan lain sebagainya. Contoh bendungan yang terkenal ada di Indonesia antara lain seperti Bendungan Jati Luhur dan Waduk Darma yang ada di Jawa Barat. Dengan adanya bendungan tersebut maka aktifitas atau kegiatan manusia lebih mudah.

Kawasan Industri

Kawasan industri merupakan suatu kawasan yang berupa pabrik-pabrik sebagai tempat untuk memproduksi barang. Dengan berdirinya kawasan industri maka banyak orang yang dipekerjakan sehingga dapat mengurangi pengangguran bahkan dapat memberikan pendapatan pemerintah. Namun, kawasan industri ternyata juga bisa mendatangkan kerugian. Kawasan industri biasanya menghasilkan limbah yang bisa menyebabkan polusi dan beralihnya fungsi lahan.

PELAJARI:  Inilah Macam-Macam Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

Pelabuhan dan Bandar Udara

Pelabuhan dan bandara udara merupakan tempat yang sengaja dibangun untuk memperlancarkan transportasi. Dengan dibangunnya pelabuhan ataupun bandar udara tersebut ternyata tidakhanya mendatangkan keuntungan akan tetapi juga kerugian misalnya seperti lingkungan sekitar menjadi bising.

Perkebunan

Lahan perkebunan dapat diolah untuk menanam berbagai jenis tanaman yang bisa memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya seperti perkebunan yaitu perkebunan teh, perkebunan kopi, perkebunan karet, perkebunan cokelat, dan lain-lain.