Jenis-jenis Usaha Perekonomian

Posted on

Ekonomi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Masyarakat perlu melakukan beberapa usaha-usaha perekonomian untuk memenuhi kebutuhannya sehingga mencapai kemakmuran.
Inilah jenis-jenis usaha perekonomian yang dilakukan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Agraris

Usaha agraris merupakan salah satu kegiatan produksi yang memakai lahan sebagai faktor produksi primernya. Petani dan nelayan adalah contoh orang yang melakukan usaha pada bidang agraris. Usaha agraris tersebut dapat meliputi usaha perkebunan, perikanan, perternakan, dan pertanian. Dengan adanya usaha agraris tersebut maka dapat menghasilkan bahan pangan yang langsung bisa dikonsumsi. Bahan-bahan pangan tersebut misalnya seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, telur, susu, dan daging. Selain itu, usaha agraris juga dapat menghasilkan bahan baku industri misalnya seperti karet (bahan baku industri ban), kulit hewan (bahan baku tas), dan kapas (bahan baku pakaian)

PELAJARI:  Penyakit pada Tanaman Karena Virus

Industri

Industri merupakan jenis kegiatan yang mengelola barang mentah atau bahan baku menjadi bahan setengah jadi ataupun barang jadi. Tempat yang mengolah bahan baku menjadi bahan jadi dapat disebut dengan pabrik. Bahan baku merupakan barang yang akan diolah, adapun barang jadi merupakan barang hasil olahan misalnya seperti tepung merupakan bahan baku untuk membuat roti.

Perdagangan

Usaha perdagangan merupakan suatu kegiatan membeli barang yang kemudian menjual kembali tanpa mengolah barang sehingga bisa memperoleh keuntungan. Beberapa contoh dari kegiatan perdagangan antara lain seperti toko, warung, pedagang asongan, pedagang keliling, dan lain-lain.

Jasa

Kegiatan jasa merupakan usaha ekonomi yang tidak menghasilkan barang karena kegiatan jasa tergolong usaha yang memberikan pelayanan kepada orang lain sesuai dengan kebutuhannya. Contoh dari kegiatan jasa antara lain seperti guru, dokter, tukang cukur rambut, dan sopir.

PELAJARI:  Pengaruh Kegiatan-Kegiatan Manusia terhadap Biodiversitas