Macam-macam Kegiatan Ekonomi

Posted on

Apakah kamu sudah tahu tentang macam-macam kegiatan ekonomi? Manusia melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Beikut ini beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat.

Produksi

Kegiatan produksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dapat menghasilkan barang atau jasa sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Orang atau badan usaha yang biasanya melakukan kegiatan produksi dinamakan produsen. Contohnya seperti: produsen pakaian membuat pakaian, dan produsen tas membuat tas. Barang yang dihasilkan produsen dijual sehingga dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa produsen bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual barang hasil produksinya.

Barang hasil dari produksi dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

PELAJARI:  Bagian-bagaian Telinga Manusia

a. Barang antara

Barang antara merupakan barang yang dipakai untuk menghasilkan barang lain, misalnya seperti gandum untuk membuat roti, kain untuk membuat pakaian, dan benang untuk membuat kain.

b. Barang akhir

Barang akhir merupakan barang yang siap dikonsumsi atau dipakai misalnya seperti pakaian dan roti.

Distribusi

Hasil produksi atau barang-barang yang dihasilkan oleh produsen biasanya tidak akan langsung sampai ke masyarakat apabila tidak didistribusikan. Nah, oleh sebab itu diperlukan kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Adapun, orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan distribusi atau penyaluran barang dapat dinamakan sebagai distributor.

Lembaga-lembaga distribusi terdiri atas pihak-pihak berikut.

PELAJARI:  Faktor Remaja Terjerumus Dalam Ketergantungan Alkohol

a. Agen

Agen merupakan orang atau badan usaha yang ditunjuk langsung oleh produsen untuk menyalurkan hasil produksinya.

b. Pedagang besar atau grosir

Pedagang besar merupakan orang atau badan usaha yang membeli barang dalam jumlah besar, selanjutnya menjualnya lagi ke pedagang kecil (pengecer).

c. Pedagang eceran (pengecer)

Pedagang eceran merupakan orang yang menjual barang dagangannya secara langsung kepada konsumen misalnya seperti toko dan warung.

Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah suatu kegiatan ekonomi yang mempergunakan atau menghabiskan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi dinamakan konsumen. Sedangkan, barang atau jasa yang dikonsumsi dapat disebut barang konsumsi. Contoh dari kegiatan konsumsi misalnya seperti membeli kue di kantin sekolah, membeli baju di toko, membeli sayur di pasar, dan lain sebagainya.

PELAJARI:  Kegunaan & Cara Menjaga Keselamatan Penggunaan Energi Listrik