Menyajikan Hasil Karya Ilmiah dalam Diskusi

Posted on

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan atau dipecahkan. Melalui forum diskusi, masalah-masalah itu diharapkan dapat terselesaikan lebih baik karena melibatkan banyak orang.

Dalam diskusi resmi, seperti seminar, masalah itu dipaparkan oleh seorang atau beberapa orang yang ditunjuk khusus oleh panitia berdasarkan keahlian ataupun penguasaannya terhadap masalah itu. Orang tersebut dinamakan dengan pemakalah atau narasumber. Dalam kegiatan tersebut, pemakalah bertugas untuk menjelaskan masalah dan solusinya yang telah ia kemas di dalam makalahnya. Dalam kegiatan tersebut, narasumber tidak membacakan makalah, tetapi menjelaskannya kembali secara lisan dengan bahasa yang mudah dipahami para peserta. Untuk itu, kita dapat menyertai penyelesaiannya dengan media, semacam power point. Dengan media tersebut kita membuat kata-kata kunci dari isi makalah yang akan kita paparkan.

Perhatikan paparan berikut!
Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Bila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan (dr. Risa Anwar dalam Republika).

Paparan tersebut tidak menarik bagi peserta diskusi apabila disajikan apa adanya, seperti yang tertulis di atas. Paparan tersebut sebaiknya disajikan secara lebih ringkas dengan menggunakan kata-kata kuncinya. Paparan secara ringkas dan menarik dapat dilihat pada tampilan berikut.

PELAJARI:  Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikut langkah-langkah menyajikan makalah dalam forum diskusi resmi.

  1. Tampillah sebagai pemakalah setelah mendapat izin dari moderator.
  2. Kalau tidak diperkenalkan oleh moderator, perkenalkan diri dengan rendah hati.
  3. Sampaikan masalah umum dari isi makalah yang akan dipaparkan.
  4. Jelaskan pokok-pokok isi makalah dengan bahasa yang lugas.
  5. Sertakan ilustrasi dan fakta-fakta penting yang menyertai penjelasan di atas.
  6. Akhiri paparan dengan menyampaikan simpulan.

Tugas
Lakukan kegiatan berikut ini!

  1. Lakukanlah diskusi kelas untuk mempresentasikan 2–3 makalah yang terbaik di antara anggota kelas.
  2. Tentukanlah petugas-petugasnya, seperti moderator dan sekretarisnya di samping para pemakalahnya.
  3. Secara bergiliran, para pemakalah mendapat kesempatan untuk memaparkan isi makalahnya. Sebaiknya, para pemakalah juga menyertai paparannya itu bantuan LCD proyektor.
  4. Pada akhir diskusi, lakukanlah ajang tanya jawab untuk menampung pertanyaan, dukungan, sanggahan, kritik, ataupun saran-saran para peserta diskusi untuk setiap pemakalah.
  5. Setiap peserta membuat catatan yang berupa ringkasan atas paparan para pemakalah beserta tanggapan-tanggapan para peserta diskusi.
  6. Sajikanlah catatan laporan kegiatan diskusi itu seperti dalam format berikut.
PELAJARI:  Mengungkapkan Kembali Keteladanan dalam Teks Biografi

Contoh Jawaban

Tema Diskusi : Sastra dan Nilai-nilai Karakter
Hari, Tanggal : 23 Januari 2017
Moderator : Aji
Sekretaris : Eva

Pemakalah :
1. Rama
2. Nesa
3. Agus

Pemakalah I

Ringkasan
Pada umumnya sastra sebagai bagian dari ilmu pengetahuan merupakan sarana yang paling ampuh dalam memahami makna kehidupan. Sajian-sajian cerita dalam karya sastra dapat menyihir siapapun yang membacanya, baik melalui puisi, cerpen, novel, ataupun roman. Penyajiannya bukan hanya sekadar imajinasi semata melainkan peristiwa-peristiwa yang terjadi kadang bersumber dari kenyataan yang dialami penulis ataupun dari pembaca. Melalui karakter tokoh-tokoh dalam alur cerita yang disajikanlah, kita dapat mengenal, mengamati, dan bahkan meneladani. Nilai sosial, pendidikan, religius, budaya, dan lain-lain ada di dalam alur setiap cerita. Dengan demikian, sastra sarat dengan nilai-nilai karakter yang ada di dalamnya.

PELAJARI:  Menyusun Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual

Pemakalah II

Ringkasan
….
Pemakalah III

Ringkasan
….

Tanggapan Para Peserta

Nama Peserta : Risma

Jenis Tanggapan : Menambahkan

Isi Tanggapan :Saya setuju dengan yang disampaikan pemakalah I, bahwa sastra bisa menjadi media
bagi siapa pun untuk mengamati, mencermati, atau meneladani karakter dalam setiap tokohtokoh yang ada dan alur cerita yang disajikan.

Jawaban Pemakalah : Terima kasih saudara Risma atas penambahan/pemberian gagasannya. Kita berharap semakin banyak bacaan yang kita baca baik sastra maupun nonsastra, semakin banyak pula makna kehidupan/nilai-nilai yang dapat kita pahami/ teladani.