Inilah Tahapan-Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Posted on

Makhluk hidup dapat diklasifikasikan dengan serangkaian tahapan seperti pengamatan sifat, pengelompokan, dan selanjutnya pemberian nama. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari simak pembahasan berikut tentang tahapan klasifikasi makhluk hidup.

Pengamatan sifat makhluk hidup

Pengamatan adalah proses awal klasifikasi makhluk hidup. Pada tahapan ini maka yang dilakukan adalah melakukan identifikasi makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lainnya. Tahap ini meliputi kegiatan mengamati dan mengelompokkan berdasarkan tingkah laku, bentuk morfologi, anatomi, dan fisiologi.

Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada ciri yang diamati

Hasil pengamatan selanjutnya akan diteruskan ke tingkat pengelompokkan makhluk hidup. Dasar dari pengelompokkan makhluk hidup adalah ciri dan sifat atau persamaan dan perbedaan makhluk hidup yang sedang diamati.

PELAJARI:  Penyakit Anuria dan Gagal Ginjal pada Sistem Ekskresi

Pemberian nama makhluk hidup

Tahap terakhir yaitu pemberian nama makhluk hidup, pada proses ini merupakan hal yang penting dalam klasifikasi. Terdapat berbagai sistem penamaan makhluk hidup, antara lain seperti pemberian nama menggunakan sistem tata nama ganda (binomial nomenclature). Makhluk hidup yang telah diberi nama maka akan lebih mudah memahami ciri dan sifat makhluk hidup tersebut.