Manfaat Virus untuk Kehidupan

Posted on

Virus memang sangat membahayakan akan tetapi juga bisa menjadi penangkal untuk bebrapa penyakit berbahaya yang lain. Saat ini para ahli sudah banyak yang menemukan beberapa vaksin yang dapat mencegah virus menginfeksi manusia. Vaksin adalah salah satu derivat yang tidak merusak dari mikroba (virus) patogenik yang menstimulasi sistem imun untuk membangun sistem pertahanan tubuh yang kuat sehingga tubuh dapat melawan patogen yang sesungguhnya. Jadi untuk melawan virus maka para ahli menggunakan virus tersebut untuk membuat penangkalnya. Berikut ini manfaat virus bagi manusia.

Anti bakterial

Anti bakterial ini bisa menghancurkan bakteri-bakteri yang mengganggu  misalnya seperti bakteri pengganggu biasanya pada produk makanan yang diawetkan.

PELAJARI:  Pengertian dan Fungsi Proses Reabsorpsi

Pembuatan insulin

Virus penyebab kanker ternyata bisa dicangkokkan bersama dengan gen-gen penghasil insulin atau zat lain ke bakteri. Hal ini akan membuat bakteri tersebut berbiak dengan cepat dan sekaligus memproduksi insulin atau zat lain.

Pembuatan Vaksin

Pada tahun 1700, Edward Jenner yang merupakan seorang dokter asal Inggris mengetahui dari pasien-pasien di pedesaan bahwa para pemerah susu yang telah terkena cacar sapi ternyata resisten dengan infeksi cacar sesudahnya.

Jenner melakukan percobaan dengan menggoreskan jarum yang mengandung cairan dari luka seorang pemerah sapi yang telah terkena cacar sapi ke seorang anak laki-laki. Anak tersebut ternyata resisten dengan wabah cacar. Virus cacar sapi dengan virus cacar ini sangat mirip sehingga sistem imun tidak bisa membedakan adanya partikel asing. Selain vaksin cacar juga sudah ditemukan vaksin lainnya misalnya seperti vaksin polio, vaksin rubela, vaksin campak dan vaksin gondongan.

PELAJARI:  Kelainan Tulang pada Manusia