Klasifikasi Alternatif Makhluk Hidup

Posted on

Teknologi dan ilmu pengetahuan makin berkembang sehingga para ahli dapat mengembangkan beberapa sistem klasifikasi makhluk hidup. Para ahli membagi makhluk hidup menjadi beberapa sistem kingdom, ayo simak pembahasannya berikut ini.

Sistem dua kingdom

Sistem dua kingdom membagi makhluk hidup menjadi dua dunia yakni dunia hewan dan dunia tumbuhan. klasifikasi ini didasari oleh ciri dan sifat tumbuhan yang mempunyai dinding sel keras seperti selulosa dan hewan yang mempunyai sifat dapat bergerak aktif, dan berpindah tempat.

Sistem tiga kingdom

Sistem tiga kingdom ini mengelompokkan organisme menjadi tiga dunia antara lain seperti Plantae, Animalia dan Fungi. Sistem pengelompokan ini didasarkan pada cara memperoleh nutrisi.

PELAJARI:  Apa Itu Jaringan Tulang Rawan?

Plantae adalah organisme yang dapat melakukan fotosintesis sehingga bisa memenuhi kebutuhan makan diri sendiri maka disebut organisme autotrop. Animalia yaitu organisme heterotrop yang menelan makanan berbentuk padat dan memakai senyawa organik sebagai sumber energinya. Sedangkan, fungi adalah organisme heterotrofik dan saprofitik yang memperoleh nutrisi dari organisme yang telah mati.

Sistem empat kingdom

Sistem empat kingdom ini mengelompokkan organisme menjadi empat dunia yakni Plantae, Animalia, Fungi, dan Prokariotik. Prokariotik adalah organisme yang memiliki inti akan tetapi intinya tidak punya membran inti.

Sistem lima kingdom

R.H. Whittaker juga mengelompokkan organisme menjadi lima kingdom berdasarkan tingkat organisme, kondisi inti sel, dan nutrisinya. Sistem lima kingdom monera, protista, mycota, plantae, dan animalia.

PELAJARI:  Perkembangbiakan pada Hewan Tak Bertulang Belakang

Sistem enam kingdom

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong ilmuwan untuk selalu mengembangkan hasil penelitian termasuk pengelompokan makhluk hidup menjadi enam kingdom. Sistem pengelompokan enam kingdom ini antara lain seperti Archaea, Bacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.