Penyakit pada Tanaman Karena Virus

Posted on

Mozaik

Mozaik merupakan salah satu penyakit pada tanaman yang terinfeksi misalnya pada tanaman tomat, labu dan tembakau yang menunjukkan bercak-bercak pada daun atau buahnya. Penyakit mozaik pada tanaman tembakau ini disebabkan oleh virus Tobacco Mozaik Virus (TMV).

Saintis Amerika Wendell Crenley (1935) berhasil mengkristalkan partikel penginfeksi tersebut yang dikenal dengan Tobacco Mozaik Virus (TMV). Adanya temuan tersebut maka setelah itu maka jenis-jenis virus lainnya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.

Burik kuning

Burik kuning merupakan salah satu jenis penyakit pada tanaman yang menyerang pada padi dan aster melalui plasmodesmata sehingga bisa menyebar ke seluruh tubuh tanaman. Hal tersebut karena plasmodesmata berfungsi untuk menghubungkan ruang-ruang antar sel.

PELAJARI:  Empat Hal yang Mempengaruhi Keadaan Suhu Udara

Kerdil

Tanaman juga dapat terlihat kerdil apabila terserang virus tungro, pertumbuhannya akan terhambat sehingga tampak kerdil. Penyebaran virus ini dapat melalui perantara serangga wereng coklat dan wereng hijau berpindah dari tanaman satu ke tanaman lainnya . Nah, untuk mengatasi virus tungro ini maka pemerintah menggalakan penanaman padi VUTW (varietas unggul tahan wereng)