Inilah Persebaran Tumbuhan yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Vegetasi merupakan tumbuhan yang menutupi suatu daerah tertentu. Persebaran tumbuhan dapat ditentukan oleh beberapa faktor seperti geologis, geografis  dan curah hujan. Apabila makin tinggi suatu tempat dari permukaan laut dan letaknya makin jauh dari garis lintang maka bisa diketahui bahwa di tempat tersebut suhunya semakin menurun. Perlu kamu ketahui juga bahwa setiap kenaikan ketinggian 100 meter dari permukaan laut dan kenaikan garis lintang maka sebesar 1 derajat suhu daerah tersebut akan turun 5 derajat Celcius. Nah berikut ini adalah macam-macam vegetasi dan ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Tundra

Tundra mempunyau ciri-ciri vegetasi rumput dan lumut kerak (Lichenes) dan letaknya berada di daerah Skandinavia, Rusia, Siberia dan Kanada.

PELAJARI:  Pengertian, Dampak Positif, dan Negatif MEA

Taiga

Taiga mempunyi ciri-ciri vegetasi hutan hujan jarum (konifer) dan letaknya berada di  daerah Skandinavia, Alaska, Kanada dan Siberia.

Hutan

Hutan meranggas  berada di daerah yang memiliki 4 musim mempunyai ciri-ciri vegetasi hutan yang hijau saat musim panas sedangkan menggugurkan daunnya saat musim dingin. Hutan ini terdapat pada daerah iklim sedang misalnya seperti Eropa, sebagian Asia dan Amerika.

Padang rumput

Padang rumput memiliki ciri-ciri vegetasi tidak memiliki pohon. Hal itu dikarenakan hanya ada tumbuhan berupa rumput (Graminae). Padang rumput ini bisa ditemukan di daerah Hongaria, Amerika Utara, Argentina dan Rusia Selatan.

Vegetasi gurun

Vegetasi gurun mempunyai ciri-ciri vegetasi dengan jumlah pohon sangat sedikit. Biasanya ada beberapa yang tumbuh seperti  jenis tumbuhan tahan kering (xerofit), berbunga dan berbuah dalam waktu pendek (efermer). Vegetasi gurun dapat ditemui di daerah gurun Gobi (RRC), gurun Sahara (Afrika Utara), gurun Kalahari (Afrika Selatan).

PELAJARI:  Macam-macam Pelapukan

Sabana

Sabana mempunyai ciri-ciri vegetasi padang rumput dan pepohonan. Sabana ini bisa ditemukan di daerah Asia, Australia dan Indonesia.

Hutan hujan tropi

Hujan hujan tropis mempunyai ciri-ciri diantaranya seperti vegetasi tumbuhan hijau sepanjang tahun, pohon- pohon tinggi, jenisnya sangat banyak, terdapat tumbuhan yang menempel (epifit) dan tumbuhan yang memanjat pohon lain (liana). Hutan hujan tropis dapat ditemui di daerah Asia, Afrika, Indonesia, dan Amerika Selatan.

Hutan bakau

Hutan bakau mempunyai ciri-ciri vegetasi yang memiliki akar nafas karena tanah dan airnya miskin oksigen misalnya seperti Pohon Bakau (Rhizipora), kayu api (Avicinea) dan Sonneratia/jenis tumbuhan tahan kering (xerofit). Hutan bakau ini berada di daerah tropik dan subtropik pada zona pasang surut di tempat landai pada pantai.

PELAJARI:  Alat-alat Pernapasan Manusia

Hutan lumut

Hutan lumut mempunyai ciri-ciri vegetasi tumbuhan lumut dan biasanya ada di daerah pegunungan.