Penyakit Manusia yang disebabkan oleh Virus

Posted on

Virus tidak hanya menyerang hewan ataupun tumbuhan akan tetapi juga menyerang manusia. Nah berikut ini ada beberapa virus yang dapat menyerang manusia. Ayo simak pembahasannya sebagai berikut

AIDS

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Penyakit tersebut menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV adalah golongan virus yang jarang terdapat pada manusia karena termasuk retrovirus. Retrovirus adalah golongan virus RNA yang bisa membuat DNA dengan proses transkripsi balik. Hal tersebut dapat membuat  virus ini  bisa melengkapi diri menggunakan enzim spesifik reverse transcriptase. HIV  akan menyerang limfosit T4 yang memiliki peranan penting dalam mengatur imunitas.

Hepatitis B

Virus Hepatitis B dapat berkembang di dalam jaringan hati sehingga bisa menyebabkan kerusakan sel-sel hati. Tanda dan gejala dari penyakit hepatitis B dalam keadaan akut antara lain seperti nafsu makan berkurang, mual, lesu, muntah dan demam, nyeri sendi, setelah 3-10 hari air seni berwarna gelap seperti teh, kulit serta bagian putih mata berwarna kuning.

PELAJARI:  Inilah Persebaran Tumbuhan yang Perlu Kamu Ketahui

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Dengue bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dengan menunjukkan gejala panas. Selain itu suhu tinggi mendadak dan terus menerus selama 2 hingga 7 hari, nafsu makan dan minum turun, lemah, mual, muntah, sakit kepala, sakit perut, nyeri ulu hati, bintik merah di kulit, pendarahan di gusi dan hidung, berak darah, serta muntah darah.

Influenza

Influenza merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus orthoneovirus yakni virus yang dapat ditularkan lewat udara dan bisa masuk ke alat-alat pernafasan. Tanda dan gejalanya dari penyakit ini diantaranya seperti  demam, sakit kepala, nafsu makan menurun, dan  nyeri otot. Penyakit ini dapat dicegah dengan jalan menjaga daya tahan tubuh serta menghindari interaksi dengan penderita.

PELAJARI:  Inilah Pengendapan Berdasarkan Tenaga Pengangkutnya