Mengenai Instrumen Melodis

Posted on

Di dunia ini terdapat beberapa jenis alat musik yang dapat kita jumpai. Secara umum alat musik tersebut dibagi menjadi 3 jenis, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Namun yang kita bahas kali ini adalah mengenai alat musik melodis.

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat bisa membunyikan melodi pada irama lagu. Pada intinya alat musik tersebut tak bisa mengolah nada cord secara sendirian. Mengapa bisa begitu? Maksudnya alat musik melodis bisa mengeluarkan nada misalnya do, re, mi dan sebagainya.

Jadi bisa sebagai pelengkap bunyian yang dihasilkan oleh alat musik ritmis serta harmonis. Alat musik tersebut bisa diartikan termasuk alat musik yang mempunyai irama serta nada. Pada lazimnya kegunaan alat musik melodis dipakai buat menentukan nada dalam suatu lagu dan musik.

Alat musik melodis sendiri memiliki berbagai macam jenis, seperti yang kesannnya tradisional ataupun modern. Dari berbagai ragam jenis yang terdapat pada alat musik melodis, alat musik melodis digolongkan menurut cara memainkannya.

Contoh Alat Musik Melodis

Secara lebih jelas, berikut ini kami sajikan pula pembahasan mengenai beberapa contoh alat musik melodis beserta gambarnya lengkap untuk Anda.

  1. Biola
    Biola adalah contoh alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini punya 4 dawai yang distel dengan interval sempurna (G-D-A-E). Bedasarkan tinggi rendah nada yang dihasilkan, biola juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu biola alto, biola cello, dan biola double bass atau kontra bass (biola dengan nada tertinggi). Dalam bahasa Indonesia, pemain alat musik ini dikenal dengan sebutan violinis.
  2. Akordion
    Contoh alat musik melodis modern selanjutnya adalah akordeon. Akordeon adalah alat musik sejenis organ yang dimainkan dengan cara digantungkan di badan, tangan kiri pemain akan menekan tombol-tombol akor, sedang tangan kananya memainkan melodi dari lagu yang dibawakan. Di Indonesia, alat musik yang ditemukan C.F.L. Buschmann dari Jerman ini memang belum begitu populer, namun tidak dengan di negara-negara Eropa dan Latin.
  3. Bonang
    Bonang adalah alat musik tradisional Jawa yang berdasarkan fungsinya juga digolongkan ke dalam jenis alat musik melodis. Alat musik ini dimainkan denganc ara dipukul. Dalam pertunjukan wayang dan upacara adat Jawa, bonang selalu ada dan menjadi pelengkap hiburan rakyat.
  4. Angklung
    Angklung adalah contoh alat musik melodis tradisional Sunda yang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sebagai warisan dunia. Terbuat dari bambu, alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan ini menghasilkan bunyi melodis yang berasal dari benturan pipa bambu dengan kayu yang berada di dalamnya.
  5. Suling
    Alat musik tradisional yang satu ini juga berasal dari Jawa Barat. Ia termasuk ke dalam jenis alat musik melodis karena akan menghasilkan notasi atau nada yang indah jika dimainkan. Semuanya mungkin sudah tahu jika alat musik ini memang dimainkan dengan cara ditiup.
  6. Kecapi
    Sama seperti angklung, kecapi juga merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kebudayaan Sunda. Dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini akan menghasilkan melodi yang sangat indah. Ia dapat dimainkan secara tunggal atau sebagai pelengkap bunyi-bunyian alat musik lain.
  7. Sasando
    Alat musik dawai yang berasal dari pulau Rote, NTT ini adalah hasil karya luar biasa dari nenek moyang Indonesia pada masa silam. Dimainkan dengan cara dipetik, alat musik melodis ini akan menghasilkan bunyi yang tidak jauh berbeda dengan bunyi gitar, kecapi, biola, dan alat musik dawai lainnya.
PELAJARI:  Konduktor Atau Dirigen Dalam Seni Musik

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Petik

  1. Gitar
    Gitar merupakan termasuk alat musik yang bisa dimainkan juga dipetik senarnya. Berdasarkan sejarah, asal alat musik ini didatangkan dari negara Spanyol, selain itu diliteratur sejarah yang berbeda ada yang mengatakan kalau gitar ini sudah ada semenjak sebelum masehi tepatnya masa Babilonia.
  2. Mandolin
    Alat musik mandolin tergolong alat musik yang bisa dimainkan dengan cara memetiknya sama seperti gitar. Perbedaan dasar alat musik ini dibandingkan dengan gitar yaitu pada jumlah senarnya yang lebih banyak dibandingkan dengan gitar.
  3. Kecapi
    kecapi atau dikenal Ghuzeng merupakan alat musik yang berasal dari negara Tiongkok. Di negara kita, alat musik ini dipakai sebagai pengiring tembang tembang Sunda. Tidak hanya itu saja, alat musiki ini juga bisa dimainkan untuk mengiringi berbagai genre lagu lainnya seperti dangdut, pop dan sebagainya.
  4. Sasando
    Asal alat musik ini yaitu dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya pula Rote. Warga di sana menamakannya dengan nama sasandu yang artinya adalah bergetar atau berbunyi. Cara memainkan alat musik dengan cara dipetik. Ada 3 jenis Sasando yang biasa kita kenal, yaitu sasando biola, sasando gong, sasando elektrik. Masing masing jenis sasando tersebut memiliki cara permainan yang berbeda.
PELAJARI:  Teknik Lukis Hanya Menggunakan Satu Jenis Warna

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Tiup

  1. Seruling
    Suling atau seruling adalah alat musik tradisonal yang terdapat di beberapa negara. Kalau di Indonesia sendiri, alat musik seruling berasal dari Jawa Barat.
  2. Pianika
    Pianika merupakan alat musik modern yang sering kali digunakan anak-anak untuk belajar musik di sekolahnya.
    Sering kali kita mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan piano dan pianika adalah alat musik yang mirip. Padahal sangat berbeda, karena piano adalah alat musik harmonis sedangkan pianika adalah alat musik melodis.

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Tekan

  1. Akorden
    Akorden adalah alat musik kayak organ yang cara memainkannya yaitu dengan dipompa pada bagian badan alat musik. Asal alat musik akorden yaitu dari daerah Sumatera Selatan yang biasanya dipakai sebagai pengiring musik religi, modern dan sebagainya. Alat musik akorden terdapat 4 jenis yakni akorden diantonic, akorden berwarna, akorden concertinas, dan akorden piano.
  2. Piano
    Piano merupakan alat musik tradisional yang memiliki harga yang mahal. Makanya tidak setiap orang punya alat musik ini. Cuma orang orang tertentu saja yang memiliki alat musik tersebut. Asal dari alat musik ini yaitu dari Italia yang dibuat pertama kali di tahun 1720 Masehi oleh Bartolomeo Cristofori. Ada 3 jenis piano yang biasa kita kenal yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Goyang dan di Gesek

  1. Angklung (di goyang)
    Angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang bernada ganda atau multitonal. Angklung dimainkan dengan cara digoyang. Angklung adalah alat musik yang berasal dari Jawqa Barat. Angklung dibagi menjadi 15 jenis :
    Angklung Kanekas, Angklung Reog, Angklung Banyuwangi, Angklung Bali, Angklung Dogdog Lojor, Angklung Gubrag, Angklung Badeng, Angklung Buncis, Angklung Badud, Angklung Bungko, Angklung Padaeng, Angklung Sarinande, Angklung Toel dan Angklung Sri Murni.
  2. Biola (di gesek)
    Biola merupakan alat musik dawai yang asalnya dari daerah Spanyol-Mauris di abad ke 18 Masehi. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan menggeseknya menggunakan stik biola sendiri. Senar biola sendiri terdiri dari 4 yaitu G-D-A-E yang diatur secara berbeda.
PELAJARI:  Bentuk dan Jenis - Jenis Patung

Alat Musik yang Dimainkan dengan cara di Hisap dan di Pukul

  1. Harmonika (di hisap)
    Alat musik harmonika ini berasal dari Negeri Cina yang terkenal dengan sebutan “Sheng”. Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan harmonika adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara.
  2. Bonang (di pukul)
    Bonang adalah alat musik yang asalnya dari pulau Bali dan Pulau Jawa. Alat musik ini termasuk dari alat musik melodis yang dipakai untuk pagelaran wayang dan berbagai upacara adat yang lain. Cara memainkan bonang yaitu dengan memukul atau menabuh pada pencu atau bagian atas yang menonjol. Adapun untuk memukul atau menabuhnya menggunakan bindhi.
    Sebagai instrumen gamelan, Ada 3 jenis bonang yang dikenalkan yakni Bonang Barung, Bonang Panembung dan Bonang Panerus.