Teks Cerita Ulang: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Contohnya

Di bagian ini kamu akan membahas tentang teks cerita ulang. Teks cerita ulang adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dan bertujuan memberikan informasi kepada pembaca.

 

Jenis Teks Cerita Ulang

  • Teks Berita.
  • Cerita Pengalaman.
  • Biografi.
  • Autobiografi.

Struktur Teks Cerita Ulang

  • Orientasi (pengenalan) berisi informasi mengenai siapa, dimana, dan kapan peristiwa di masa lampau
  • Insiden merupakan rekaman peristiwa yang terjadi yang di ceritakan secara kronologis.
  • Resolusi berisi komentar pribadi penulis.

Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang

  • Menggunakan kata yang menunjukkan siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana.
  • Verba tingkah laku adalah kata kerja yang tertuju pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak). Seperti kata mengambil pada kalimat.
  • Keterangan waktu lampau adalah kata keterangan waktu yang terjadi di masa lampau. Misalnya seperti pernah, sering, biasanya, pagi-pagi, dan malam-malam.
  • Menggunakan kata yang menunjukan tempat dan waktu.

Contoh teks

Kejahatan Hipnotis Terjadi di Gerai ATM

Orientasi
Kemarin, seorang ibu rumah tangga nyaris menjadi korban kejahatan hipnotis yang terjadi di sebuah ATM. Peristiwa itu terjadi ketiak ibu tersebut akan mengambil uang di ATM. Beberapa saat kemudian kawanan perampok yang berjumlah dua orang dengan modus hipnotis tersebut juga masuk ke dalam loket ATM yang terletak di SPBU Binong, Kabupaten Tanggerang.

Insiden 1
Di dalam loket ATM tersebut, pelaku mengarahkan korbannya untuk mengambil uang dengan jumlah banyak. Akan tetapi, aksinya tersebut dicurigai oleh suami korban yang ketika itu menunggu diluar loket ATM. Melihat istrinya dikerumuni dua orang pria, suaminya tersebut kemudian melabrak pelaku. Karena ketahuan, kemudian pelaku kabur meninggalkan loket ATM, termasuk mobil yang dipainya.

Insiden 2
Labrakan suami korban tersebut, mengundang warga lainnya hingga mengejar pelaku yang lari ke perumahan Central Karawaci. Tetapi, setelah dicari oleh warga, pelaku tidak berhasil ditemukan. Polisi yang datang pun sempat mencari namun tidak berhasil menemukan pelaku. Mobil pelaku kemudian dibawa ke Mapolsek Curug. Kepolisian sektor Curug terus melakukan pengejaran terhadap pelakuhipnotis yang sering beraksi di loket Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Resolusi
Peristiwa tersebut merupakan salah satu modus kejahatan di ATM. Di zaman sekarang, hidup yang semakin berat memunculkan kreativitas kejahatan yang beranekaragam. Kejahatan di ATM yang makin marak dengan berbagai modusnya ini, menuntut penggunanya untuk semakin waspada dan tidak mudah percaya kepada orang yang baru ditemuinya.