Inilah Struktur Jaringan Tumbuhan

Posted on

Tumbuhan tersusun dari berbagai organ seperti akar, batang, dan daun. Organ-organ tersebut tersusun dari jaringan. Apa yang dimaksud dengan jaringan? Jaringan adalah kelompok sel sejenis dengan bentuk dan fungsi yang sama. Lalu apa saja jaringan penyusun organ pada tumbuhan? Jaringan pada tumbuhan terdiri dari jaringan epidermis, parenkim, meristem, jaringan pengangkut berupa xilem dan floem, dan jaringan penyokong. Ayo simak pembahasannya berikut ini.

Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis merupakan jaringan yang terdiri dari sel-sel yang bentuknya empat persegipanjang dan terdiri satu lapis sel. Jaringan epidermis terdapat pada permukaan dan memiliki peranan untuk menutupi permukaan organ daun, batang, dan akar muda. Jaringan epidermis yang ada pada akar dan daun, permukaan epidermis biasanya ditutupi zat kimia (kutikula) fungsinya untuk mengurangi penguapan tanaman. Sementara,  dinding sel epidermis tidak mengalami fotosintesis, karena tidak terdapat kloroplas, selain itu juga susunan antarsel cukup rapat.

PELAJARI:  Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial & Budaya

Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim merupakan jaringan yang berbentuk sel segienam dengan diameter yang sama ke berbagai arah atau isodiametrik. Jaringan parenkim juga dapat disebut sebagai jaringan dasar karena dapat berdiferensiasi menjadi jaringan lain. Perlu kamu ketahui bahwa dasar metabolisme dan reproduksi pada tumbuhan berasal dari aktivitas jaringan parenkim. Jaringan parenkim yang terletak di batang muda banyak  mengandung kloroplas sehingga dinamakan klorenkim.

 Jaringan Kolenkim

Sel pada jaringan ini memiliki bentuk segienam. Sel ini terlihat memanjang pada potongan membujur. Jaringan ini juga  dapat disebut dengan jaringan penyokong karena terdapat penebalan selulosa dan pektin pada jaringan kolenkim sehingga dapat meningkatkan kekuatan jaringan atau organ.

PELAJARI:  Jenis-jenis Cermin

Jaringan Sklerenkim

Jaringan sklerenkim merupakan jaringan yang terdiri dari sel-sel yang mengalami penebalan dinding sekunder berupa lignin. Sel sklerenkim beraneka bentuk, asal, dan perkembangannya. Adapun dari bentuk sel penyusunnya, sklerenkim dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sklereid dan serabut (serat).

Jaringan Pembuluh

Jaringan pembuluh yang ada di tumbuhan ada dua macam yaitu floem dan xilem.