Inilah Sembilan Sistem Organ pada Hewan Vertebrata

Posted on

Sistem organ dapat bekerja karena tersusun dari organ-organ yang bergabung dan menjalankan fungsi fisiologis tertentu. Tiap organ merupakan suatu komponen yangtidak terpisahkan meskipun menjalankan peran masing-masing. Nah, berikut ini adalah sembilan sistem organ pada hewan vertebrata, yuk lihat pembahasannya berikut ini.

Sistem Pernapasan

Sistem pernafasan pada hewan terdiri dari hidung, trakea, bronkus, dan paru-paru. Sistem pernapasan ini memiliki fungsi untuk mendapatkan O2 dan mengeluarkan CO2 sehingga hewan dapat memperoleh energi dengan menyederhanakan senyawa organik.

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah terdiri dari jantung, darah, pembuluh darah arteri, vena, pembuluh limfa, dan kelenjar limfa serta cairan limfa. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mengangkut sari-sari makanan dari usus halus menuju ke seluruh tubuh.

PELAJARI:  Kenali Ciri Khas Bakteri Gram Positif Dan Negatif

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan terdiri dari rongga mulut, saluran pencernaan, kelenjar pencernaan, hati, dan pankreas. Di rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Saluran pencernaan terdiri dari kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Fungsi dari sistem ini ialah untuk mencerna makanan sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Sistem Rangka

Hewan vertebrata memiliki sistem rangka seperti  skeleton aksial dan skeleton apendikular. Perlu kamu ketahui bahwa skeleton aksial terdiri dari tulang tengkorak, tulang belakang, tulang dada, tulang iga, dan tulang selangka. Adapun skeleton apendikular merupakan rangka yang berhubungan dengan pergerakan.

Sistem Otot

Sistem otot terdiri dari otot rangka, otot polos, dan otot jantung. Otot rangka memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif, sedangkan otot terdapat pada organ-organ. Nah, sistem otot ini memiliki fungsi sebagai penentu postur tubuh, penyimpan glikogen, dan alat gerak.

PELAJARI:  Pengertian Amilum dan Jenisnya Pada Tumbuhan

Sistem Saraf

Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat seperti otak besar, batang otak, otak kecil, dan sumsum tulang belakang. Fungsi dari sistem saraf yaitu untuk menerima dan merespon rangsang dari luar.

Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi hewan jantan terdiri dari testis, vas deferens, duktus epididimis, kelenjar prostat, dan uretra. Sementara, sistem reproduksi pada hewan betina terdiri dari indung telur, rahim, oviduk, dan vagina. Fungsi dari sistem reproduksi adalah sebagai alat perkembangbiakan.

Sistem Ekskresi

Organ pada sistem ekskresi terdiri dari kulit, paru-paru, ginjal, dan hati. Pada kulit terdapat kelenjar keringat yang berfungsi untukmengeluarkan keringat. Pada paru-paru akan mengeluarkan CO2 dan uap air. Ginjal memiliki berjuta-juta nefron, ureter, kantung kemih, dan uretra. Sementara hati dapat mengeluarkan zat sisa berupa amoniak, getah empedu, maupun urea.

PELAJARI:  Kelainan pada Mata Manusia

Sistem Hormon

Organ-organ yang ada di dalam tubuh akan menghasilkan hormon antara lain seperti ovarium, testis, pankreas, kelenjar anak ginjal, hipofisis, dan kelenjar gondok. Selain itu, dinding usus halus dan lambung juga mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk merangsang pengeluaran enzim.