Yuk Cari Tahu tentang Macam-Macam Persendian

Posted on

Rangka tubuh terdiri dari tulang-tulang yang saling berhubungan. Tulang satu dengan yang lain dapat terhubung melalui jaringan penymbung atau dapat disebut sebagai persendian. Perlu kamu ketahui bahwa persendian dapat terbagi menjadi tiga yaitu sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Yuk cari tahu tentang macam-macam persendian pada pembahasan kali ini.

Sinartrosis

Sinartrosis merupakan persendian yang memungkinkan tidak terjadi pergerakan. Contoh dari sendi sinartrosis adalah tulang-tulang kepala. Tulang-tulang tersebut dipersatukan oleh jaringan tulang.

Amfiartrosis

Amfiartrosis merupakan persendian tulang yang memiliki gerakan sangat terbatas. Amfiartrosis dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu sinkondrosis dan sindesmosis. Sinkondrosis merupakan persendian yang dihubungkan oleh tulang rawan hialin misalnya pada pelekatan tulang dada dan tulang iga. Sementara, sindesmosis merupakan persendian yang dihubungkan oleh jaringan penyambung.

PELAJARI:  Cadangan Makanan pada Tumbuhan

Diartrosis

Diartrosis adalah suatu hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain, yang dihubungkan oleh persendian. Persendian ini dapat berpengaruh terhadap gerakan bebas dan mobilitasnya juga cukup besar. Hal tersebut biasanya terjadi pada tulang-tulang panjang. Biasanya, ujung tulang-tulang ini ditutupi oleh tulang rawan dan ada rongga sinofial yang berisi cairan sinofial untuk memudahkan gerakan. Perlu kamu ketahui bahwa persendian ini ditutupi oleh pembungkus jaringan fibrosa. Persendian diartrosis terdiri dari beberapa macam sendi yaitu sendi putar, engsel, pelana, dan peluru.