Macam-Macam Otot dan Mekanisme Geraknya

Posted on

Mengapa tubuh manusia dapat bergerak? Tahukah kamu bahwa tubuh manusia dapat bergerak karena adanya gerakan-gerakan yang dilakukan oleh otot. Beberapa otot pada manusia yaitu seperti otot lurik, polos, dan jantung. Ayo simak pembahasan berikut ini tentang macam-macam otot dan mekanisme geraknya.

Otot lurik

Otot lurik atau otot rangka merupakan otot yang melekat pada tulang rangka sehingga apabila otot berkontraksi maka mengakibatkan dapat tulang bergerak. Otot lurik dapat bekerja karena dipengaruhi oleh susunan saraf pusat sehingga dinamakan otot sadar. Otot lurik ini memiliki inti sel ang berjumlah banyak dan letaknya dibagian tepi.

Otot polos

Sel-sel otot polos berbentuk memanjang, kedua ujungnya runcing dan nukleusnya  terdapat pada tengah sel otot. Pada otot polos terdapat serat miofibril yang sifatnya homogen dan lebih kecil dari serabut otot lurik. Letak otot polos berada di dinding pembuluh darah, dinding saluran pencernaan, paru-paru, dan ovarium. Sifat otot ini lambat bereaksi dalam menerima rangsang akan tetapi dapat tahan lelah dan bisa bekerja di bawah pengaruh syaraf tak sadar.

PELAJARI:  Kenampakan Buatan di Indonesia

Otot Jantung

Otot jantung hanya dapat ditemukan di dinding jantung. Otot jantung memiliki struktur yang mirip dengan otot lurik akan tetapi nukleusnya  terletak di tengah sel dan mempunyai percabangan. Pada tiap percabangannya terdapat jaringan pengikat yaitu discus interkalaris. Otot ini dapat bereaksi dengan cepat terhadap rangsangan dan bekerja di bawah pengaruh tidak sadar sehingga tahan terhadap kelelahan.